Presiden Jokowi: Penanganan Bencana Berjalan dengan Baik

0
478 views
TIBA DI ACEH: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tiba di Bandara Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Kamis (8/12) HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH – Penanganan terhadap bencana gempa di Aceh berjalan dengan baik dan cepat. Dua hari setelah kejadian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan penanganan bencana berjalan dengan baik.

Hal itu dikatakan Jokowi saat tiba di Tanah Rencong, Kamis (8/12) sore.

Setiba di Bandara Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar sekitar pukul 17.36 WIB, menggunakan pesawat kepresidenan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini langsung memimpin rapat koordinasi penanganan bencana Pidie Jaya di Hermes Hotel.

Rapat itu diikuti Plt Gubernur Aceh Soedarmo, Pandam Iskandar Muda Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak dan pejabat lainnya.

Usai rapat, presiden mengawali kunjungannya ke Aceh dengan membesuk para korban gempa yang dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA).

Di rumah sakit milik pemerintah Aceh itu, tercatat 23 pasien yang mengalami luka serius. Delapan sudah ditangani operasi. Kepada para pasien, presiden juga memberikan santunan langsung.

“Penanganan pasien telah dilakukan secara maksimal,” kata Presiden Joko Widodo yang dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Jumat (9/12).

Selain perawatan intensif, sebagian korban gempa juga telah dilakukan operasi. Dalam kesempatan itu juga, presiden menyebutkan proses evakuasi korban di lokasi kejadian juga segera berakhir.

“Proses evakuasi telah selesai 99 persen. Besok (hari ini) saya akan berkunjung langsung untuk melihat apa yang kurang dalam proses tanggap darurat wilayah gempa,” sebutnya.

Sebelumnya, presiden menyatakan dirinya telah memerintahkan pada Kepala Staf Kepresidenan dan instansi terkait untuk terjun langsung ke lapangan.

“Saya perintahkan juga kepada Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB untuk semuanya terjun. Karena setiap jam yang saya ikuti, korbannya terus bertambah,” sebutnya.(rah/mai/iil/JPG)