Prihatin, 98 Siswa SDN Blimbing 2 Belajar Lesehan

Sejumlah murid SDN Blimbing 2, Kosambi Kabupaten Tangerang belajar tanpa menggunakan kursi dan meja, Jumat (10/8).

KOSAMBI – Memprihatinkan. Di Kabupaten Tangerang, masih dijumpai siswa belajar secara lesehan. Itu dialami 98 siswa kelas 6 SDN Blimbing 2 Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. Kegiatan belajar mengajar (KBM) lesehan itu terjadi sejak Januari lalu. Informasinya, usai pembangunan ruang kelas pada akhir 2017 lalu, tak dilengkapi dengan meja, kursi, lemari, loker dan papan tulis.

Kepsek SDN Blimbing 2, Parijo yang dikonfirmasi Jumat (10/8), membenarkan informasi itu. Ia menjelaskan, akhir 2017 lalu, SDN Blimbing 2 mendapatkan tambahan 3 ruang kelas baru. Namun, kata Parijo, dalam rencana anggaran biaya (RAB), tidak terdapat adanya kelengkapan mebeler untuk sekolah baru. “Karena siswanya banyak, sementara ruang kelas terbatas, saya terpaksa memanfaatkan tiga ruang kelas baru untuk kegiatan belajar mengajar. Jadi kami terpaksa menggunakan ruang kelas yang ada, meski belum ada perlengkapan mebelernya,” ucapnya. Parijo menuturkan, SDN Blimbing 2 total memiliki 11 ruang kelas dan 1 ruang yang untuk guru. “Sedangkan jumlah murid ada sekitar 645 siswa,” jelas Parijo.

Ditambahkan Parijo, sudah dua kali mengusulkan mebeler ke dinas pendidikan. “Pertama pada akhir 2017 dan kedua pada awal 2018, namun hingga sekarang belum dapat. Barangkali masih diproses,” harapnya.

Untuk kenyamanan belajar siswa, Parijo meminta dinas pendidikan untuk secepatnya memberikan mebeler. “Karena kasihan, siswa harus belajar di lantai,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan SD dan SMP, Mamat Mathlubi menerangkan Senin (13/8) mendatang, akan berupaya meminjamkan mebeler dari sekolah lain untuk siswa SDN Blimbing 2. “Mudah-mudahan di anggaran perubahan bisa terealisasi. Jadi, bulan depan (September-red) sudah bisa belajar normal,” ungkapnya.

Napsin, anggota DPRD Kabupaten Tangerang Dapil setempat, menyayangkan kejadian tersebut. Dia meminta dinas pendidikan serius menyikapi hal ini. (Mulyadi/RBG)