Prioritaskan Pengangkatan Pegawai Honorer

PANDEGLANG – Rencana perekrutan ribuan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) mendapat dukungan sejumlah anggota DPRD Pandeglang. Namun, mereka meminta agar Pemkab memprioritaskan pengangkatan honorer menjadi pegawai Pemkab.

Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Endang Sumantri mengatakan, usulan pengangkatan pegawai tersebut harus mengutamakan para honorer. Soalnya, kata dia, selama ini honorer banyak berjasa untuk pembangunan di Pandeglang. “Kita tentunya sangat mendukung dan mengapresiasi usulan itu. Selain karena kita masih kekurangan pegawai, usulan itu juga bisa menjadi angin segar bagi para honorer. Kalau bisa, utamakan para honorer agar bisa menjadi pegawai,” katanya, Senin (18/11).

Politisi Partai Demokrat ini menyarankan agar Pemkab segera menyampaikan usulan kebutuhan pegawai tersebut kepada Pemerintah Pusat, agar ada kejelasan. “Kalau semuanya sudah selesai dibahas di tingkat Pemerintah Daerah, sebaiknya disampaikan saja langsung kepada Pemerintah Pusat, jangan sampai menunggu lama,” katanya.

Endang mengatakan, Pemkab juga harus menyampaikan permohonan mekanisme pemberian gaji untuk para pegawai yang diusulkan itu, agar tidak dibebankan kepada Pemerintah Daerah. “Saya kira mekanisme pemberian gaji dan tunjangan juga harus disampaikan, agar tidak membebankan daerah. Seperti yang kita ketahui bersama, anggaran yang dimiliki Pemkab memang sangat terbatas,” katanya.

Wakil Ketua II DPRD Pandeglang Tb Asep Rafiudin Arief menyarankan agar Pemkab mengutamakan para honorer yang sudah mengabdi dalam waktu lama agar bisa diangkat menjadi pegawai sebagai bentuk penghargaan. “Menyampaikan usulan kebutuhan pegawai itu bagus. Tapi, akan lebih bagus lagi kalau Pemkab mengutamakan honorer, karena banyak tenaga honor yang sudah mengabdi dalam waktu yang lama, tetapi belum diangkat menjadi pegawai,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Pandeglang melalui Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang mengusulkan 5.750 pegawai untuk penerimaan pegawai tahun depan. Banyaknya usulan tersebut, karena hingga saat ini Pemkab masih kekurangan jumlah ASN. (dib/zis)