Produk IKM Dipasarkan Alfamart

Bupati Iti Octavia Jayabaya menandatangani nota kerja sama dengan manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk di aula Multatuli Pemkab Lebak, kemarin.

RANGKASBITUNG – Pemkab Lebak menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk terkait penjualan produk industri kecil menengah (IKM) di Alfamart, kemarin.

Produk IKM dan usaha kecil menengah (UKM) lokal bakal dipasarkan di outlet yang disediakan khusus manajemen Alfamart mulai 2019.

Bupati Iti Octavia Jayabaya menyatakan, pemerintah daerah memiliki komitmen yang besar dalam pengembangan IKM dan UKM di 28 kecamatan. Tiap tahun, Pemkab rutin melakukan pembinaan kepada IKM dan UKM agar meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. Produk dari IKM dan UKM yang berkualitas akan dipasarkan di ritel modern, yakni di Alfamart.

“Mulai tahun depan produk IKM dan UKM akan mulai dipasarkan di pasar modern. Saya yakin, produk IKM dan UKM Lebak mampu bersaing sehingga diminati konsumen,” kata Iti Octavia Jayabaya kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskannya, para pelaku IKM dan UKM di daerah harus terus melakukan inovasi dalam membuat produk yang berkualitas. Jika mereka tidak bisa membuat produk yang baik maka hasil kerajinannya tidak akan bisa masuk ke pasar modern. Produk IKM dan UKM akan diseleksi terlebih dahulu oleh manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Jika sesuai standar maka produk tersebut akan mengisi outlet khusus yang telah disediakan di Alfamart.

“Ada beberapa produk IKM dan UKM yang memiliki kualitas baik dan siap dipasarkan. Karena itu, saya yakin tahun depan beberapa produk lokal akan bersanding dengan produk dari pabrik di Alfamart,” ungkapnya.

Pemkab Lebak, lanjutnya, terus mendorong pelaku IKM dan UKM di Lebak bangkit. Bahkan, pemerintah daerah melakukan terobosan dan kerja sama dengan perusahaan besar yang ada di Indonesia. “Perusahaan besar di Indonesia sudah seharusnya membantu pengembangan ekonomi lokal, yakni dengan membantu pelaku IKM dan UKM mengembangkan usahanya,” ujar mantan anggota DPR RI itu.

Bupati menambahkan, manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya tidak hanya menyediakan outlet khusus untuk produk IKM, mereka juga memberikan pelatihan pengelolaan ritel modern kepada 80 pelaku IKM dan UKM di daerah.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Solihin menyatakan, manajemen perusahaan memiliki komitmen terhadap pengembangan ekonomi lokal. Karena itu, mulai tahun depan beberapa produk IKM dan UKM akan dipasarkan di Alfamart. Sekarang, produk IKM dan UKM tersebut masih diseleksi agar mampu bersaing dengan produk lainnya.

“IKM dan UKM yang maju akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Karena itu, kita minta masyarakat di Lebak terus berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan produk lokal yang berkualitas,” paparnya.

Selama ini, kata Solihin, PT Sumber Alfaria Trijaya telah menjalin kerja sama dengan Pemkab Lebak. Bahkan, perusahaan telah menyalurkan dana corporate sosial responsibility (CSR) kepada masyarakat di Lebak. Salah satunya, dengan melakukan kegiatan pelatihan manajemen ritel modern kepada pelaku IKM dan UKM. Tidak hanya itu, perusahaan juga membangun jembatan dan memberikan bantuan truk pengangkut sampah kepada Pemkab Lebak.

“Kemitraan dengan Pemkab Lebak akan terus kita jalin. Harapannya, kehadiran Alfamart di Lebak dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan,” tegasnya. (Mastur/RBG)