Produsen Sarung Tangan di Cikande Bangkit di Masa Pandemi

0
2754

SERANG – Perusahaan yang memproduksi sarung tangan di Desa Cikande, Kecamatan Cikande dapat bangkit kembali di masa pandemi Covid-19. Bahkan, pemasarannya sudah tembus pasar nasional.

Manajer Operasional PT Gemilang Teknindo Semesta Syamsul Maarif mengatakan, pihaknya memulai usaha tersebut pada 2005. Kemudian, usaha yang mereka jalani berjalan hingga 2016 dengan memenuhi kebutuhan produksi sejumlah perusahaan besar. Namun, pada 2016 usaha yang mereka lakukan mandek karena kurangnya orderan.

Kemudian, di masa pandemi Covid-19, ia dan teman-temannya memulai kembali usaha itu dengan peluang kebutuhan sarung tangan karet di masa pandemi. Usaha yang ia jalankan pun kembali bangkit dengan orderan dari berbagai pihak. Mulai dari perusahaan hingga pengusaha-pengusaha marketplace.

“Sekarang paling banyak produk kita memenuhi kebutuhan di Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi sampai NTT, perhari kita berhasil produksi 2.000 produk,” ujarnya yang mendampingi wartawan melihat proses produksi, Minggu (28/2).

Ia mengatakan, seiring dengan banyaknya orderan, pihaknya pun merekrut masyarakat sekitar untuk dipekerjakan. Total saat ini sudah ada 30 masyarakat yang bekerja di usaha tersebut. “Alhamdulillah, semua perizinan juga sudah kita lengkapi,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Adam Wijaya, ketua RT di Cikande, mengatakan, keberadaan UMKM tersebut membantu masyarakat di tengah pendemi Covid-19. Karena, di masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. “Alhamdulillah dampak lingkungan juga tidak ada, selama beroperasi tidak ada limbah yang mencemari lingkungan masyarakat,” katanya.

Ketua Komisi III DRPD Kabupaten Serang Agus Wahyudiono mengatakan, pihaknya mendorong pengembangan UMKM di Kabupaten Serang. Menurut Agus, perkembangan UMKM menjadi salah satu solusi untuk menopang perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Agus mengatakan, jika setiap desa terdapat sedikitnya dua UMKM dan merekrut puluhan karyawan, maka akan mampu menekan pengangguran di Kabupaten Serang. “Tentu ini harus kita dukung sama-sama supaya angka pengangguran Kabupaten Serang dapat tertekan sesuai dengan visi-misi Ibu Bupati,” ucapnya. (Abdul Rozak)