Program Doktor UIN SMH Banten Mulai Terima Mahasiswa Baru

Direktur PPS UIN SMH Banten Profesor B Syafuri (kiri) bersama Wakil Direktur PPS UIN SMH Banten Dr Naf’an Tarihoran memberikan penjelasan penerimaan mahasiswa program doktor, kemarin.

SERANG – Spritual, Intelektual, dan Profesional adalah tagline dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten. Memasuki tahun ke-57, univeritas ini membuka  dua program doktor (S-3) yaitu program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Menurut Direktur Program Pascasarjana (PPS) UIN SMH Banten Profesor B Syafuri, UIN SMH Banten sebagai perguruan tinggi pertama di Provinsi Banten membuka program doktor sejalan dengan visi universitas yakni menjadi Univeristas Islam yang Unggul, Terkemuka dalam Integrasi Keilmuan dan Berwawasan global.

Wakil Direktur PPS UIN SMH Banten Dr Naf’an Tarihoran menambahkan, program dokor ini diharapkan akan menghasilkan doktor pendidikan Islam, yang tidak hanya berwawasan  Islam yang inklusif  dan transedental, tetapi juga integratif dan transformatif serta dibingkai dalam universalitas nilai keislaman dan kebhinekaan Indonesia.

Kata Naf’an, pendaftaran mahasiswa baru program doktor tahun akademik 2019/2020 sudah dibuka sejak 9 Desember 2019 hingga 17 Januari 2020. Kemudian para pendaftar akan menjalani tes seleksi tulis dan lisan pada 22-24 Januari 2020. Materi tes seleksi berupa  tes potensi akademik (TPA), tes bahasa Inggris (TOEFL), dan tes  bahasa Arab (TOAFL).  “Peserta seleksi juga akan menjalani tes lisan atau wawancara,” jelas Naf’an.

Pihaknya akan mengumumkan kelulusan pada 28 Januari 2020. Bagi yang dinyatakan lulus harus registrasi pada  29 Januari – Februari 2020. Setelah itu orientasi mahasiswa baru pada 13-15 Februari 2020. Sedangkan awal perkuliahan pada 17 Februari 2020. Adapun informasi mengenai persyatan dan alur pendaftaran dapat dlihat di http://pmb-pasca.uinbanten.ac.id/. (aas/ags)