Program Doktoral Pascasarjana UIN Banten Kembangkan Kajian Intelektual dan Pendidikan Syekh Nawawi

0
1.115 views
Sekretaris Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dr Ali Muhtarom dan Sekretaris Program Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) Dr Ade Fakih Kurniawan sedang berdiskusi tentang penerimaan mahasiswa program doktor UIN SMH Banten.

SERANG – Kajian keislaman di Indonesia tidak bisa terlepas dari kiprah para ulama Nusantara, termasuk yang sangat berpengaruh di dalamnya adalah Syekh Nawawi al-Bantani. Sosok Syekh Nawawi memiliki pengaruh intelektual dan sistem pendidikan pada akhir abad 19 yang mempengaruhi arsitektur sistem pendidikan Islam di Indonesia, terutama bagi para muridnya, Seperti Hadhratusyaikh Hasyim As’ari.

Kiprah besar dan pengaruh intelektualnya inilah yang kemudian mendorong Program Pascasarjana (PPs) UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten untuk mengkaji dan menjadikannya sebagai mata kuliah khusus, serta menjadi pembeda dalam kurikulum yang ada di Program Pascasarjana.

Dalam rapat kurikulum yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, Prof Dr H M A Tihami memberikan arahan komprehensif mengenai pentingnya memasukkan mata kuliah ini dalam kurikulum program doktoral.

Direktur Program Pascasarjana (PPs) UIN SMH Banten Prof Dr H B Syafuri pada acara yang sama juga mengatakan bahwa mata kuliah ini menjadi penting untuk dianalisis dan dikembangkan secara lebih mendalam dengan menggunakan pendekatan interdisipliner.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Dr Ali Muhtarom. Dia mengatakan, mengkaji pemikiran Syekh Nawawi memberikan penguatan terhadap referensi keislaman yang komprehensif namun tak terpisahkan dari pengejawentahan diskurusus Islam nusantara. Hal ini juga menjadi bagian penting dari diskursus keislaman global di mana pemikiran Syekh Nawawi sangat dikenal oleh dunia Islam.

Mata kuliah tersebut akan diberikan pada dua program studi doktoral di PPs UIN Sultan Maulana Hasanuddin, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kedua program tersebut saat ini masih membuka pendaftaran hingga 17 Januari 2020. Orientasi mahasiswa baru dan awal perkuliahan akan dilaksanakan pada pertengahan Februari 2020 yaitu pada 13-15 dan 17 Februari 2020. Adapun informasi mengenai pendaftaran bisa diakses melalui: http://pmb-pasca.uinbanten.ac.id/. (*/aas)