Program Pascasarjana UIN SMH Banten Goes International

0
778 views
Rektor UIN SMH Banten Prof Dr H Fauzul Iman menyerahkan cendramata ke Prof Dr Salm Kayadibi, salah satu pembicara seminar international dari Turki.

Program Doktor Akan Tes Masuk Akhir Januari 2020

SERANG – Salah satu upaya untuk merealisasikan visi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten menjadi universitas yang unggul adalah berinteraksi dengan akademisi. Tidak hanya akademisi dalam negeri, juga dunia internasional.

Akhir bulan lalu pascasarjana UIN SMH Banten mengadakan seminar “International Conference on Islamic and Global Issues (ICGIS),” yang dihadiri pembicara dari beberapa negara. Antara lain dari Asia, Eropa, dan Amerika Serikat. Tidak kurang 50 makalah dipresentasikan para akademisi dan praktisi.

“Kita sudah saatnya mengaktualisasikan diri, tidak hanya berbicara dalam kontek lokal tetapi juga isu-isu Islam di tingkat internasional,” kata Rektor UIN SMH Banten Prof Dr Fauzul Iman MA saat pembukaan seminar.

Wakil Direktur Program Pascasarjana UIN SMH Banten Dr H Naf’an Tarihoran menambahkan, tema seminar internasional sangat beragam. Di antaranya  isu  Palastina, Islam wasathiah, dan ekonomi syariah. “Seminar ini adalah bagian awal dalam rangka pembukaan Program doktor kita,” lanjut Naf’an yang  juga mantan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dia menambahkan, ke depan Program Pascasarjana UIN SMH Banten tidak hanya unggul secara komparatif, juga unggul secara kompeteitif. “Tahun ini kita membuka dua Program Doktor (S-3),” lanjut Naf’an.

Sekretaris Program Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) Dr Ade Fakih K mengatakan, tes masuk Program Magister dan Program Doktor akan dilaksanakan mulai tanggal 22 Januari 2020.  Materi ujian masuk terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA), Tes TOFEL/ TOAFEL, dan tes wawancara.

Kasubbag Program Pascasarjana UIN SMH Banten Pipit Wulantika M.Si, menambahkan, untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru Program Magister dapat menghubungi Endang Yusuf (085946361692) dan Program Doktor untuk program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI)  menghubungi Dr Ali Muhtarom (081392426360) dan Dr Ade Fakih K (081807262737) atau via email pps.s3@uinbanten.ac.id dan  pmb-pasca.uinbanten.ac.id. (*/aas)