Program Pemkab Sampai Ponpes Salafi

0
2.188 views
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan bantuan uang sebesar Rp250 juta kepada pengurus FSPP Kabupaten Serang usai peresmian gedung FSPP di Kampung Baruan, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Rabu, (16/12)

PABUARAN – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah tahun depan mengaku akan lebih fokus mendukung program keagamaan. Bahkan, program ke depan sampai kepada kegiatan pemberdayaan ekonomi untuk santri di pondok pesantren (ponpes) salafi.

Hal itu disampaikan Tatu pada acara Peresmian Gedung Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang di Kampung Baruan, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Rabu (16/12). Hadir pada acara peresmian, yakni anggota DPR RI Fraksi PKS Jazuli Juwaeni, anggota DPRD Banten Fraksi Golkar Muhsinin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi, dan para kiai dan ustadz se-Kabupaten Serang. Pada kesempatan itu, Tatu juga menandatangani prasasti pembangunan gedung dan menyerahkan bantuan uang sebesar Rp250 juta.

Dalam sambutannya, Tatu meminta para alim ulama dan tokoh agama dapat bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendukung program keagamaan. Menurut Tatu, pendidikan keagamaan menjadi kewajiban bersama dalam menyiapkan anak-anak mendapat pendidikan yang lebih baik. Menurut Tatu, peran FSPP bukan hanya sekitar ponpes, melainkan juga anak-anak yang sekolah umum agar mereka tersentuh pendidikan agama yang baik. “Tidak hanya sebatas di santri, nanti ada format seperti apa supaya jelas untuk menyentuh bidang aqidahnya,” ujarnya.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang ini juga menyebutkan, program 2021 akan difokuskan pada pemberdayaan ekonomi para santri ponpes salafi. Ia meminta, program pemberdayaan ekonomi harus masuk ke setiap ponpes salafi. “Program pemda akan masuk ke ponpes salafi, pemda akan intervensi. Jadi, ketika santri lulus sudah punya kemampuan di pemberdayaan bidang ekonomi.” tegas politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Sementara itu, anggota Presidium FSPP Kabupaten Serang Ustadz Ahmad Sihabudin berjanji, FSPP siap bersinergi dan mendukung program Pemkab Serang. Terlebih, program keagamaan salah satunya mengenai pemberdayaan ekonomi santri di ponpes salafi. “Kami pasti akan mendukung setiap program pemda,” tegasnya. (mg06/zai)