Program Tak Selaras RPJMD, Bupati Pandeglang Marahi Kepala SKPD

0
272
Bupati Pandeglang Irna Narulita (kiri).

PANDEGLANG – Bupati Irna Narulita memarahi para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam ekspos rencana kerja (renja) tahunan dan rencana strategis lima tahunan (renstra) yang digelar di aula Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) Kabupaten Pandeglang, Kamis (13/10).

Emosi Irna saat itu begitu terlihat, karena  hampir setengah program kerja 2017 yang diusulkan para kepala SKPD tidak selaras dengan visi dan misi dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Irna sangat menggebu-gebu mengingatkan para SKPD untuk fokus terhadap program kerja daerah yang termaktub dalam RPJMD. “Ibu (Irna menyebut namanya sendiri) enggak mau ada sebagian SKPD yang copy paste rencana seperti tahun lalu. RPJMD itu kan acuan, maka SKPD harus mengejawantahkan melalui program yang diusulkan,” katanya seperti dilansir Radar Banten.

Kata Irna, dari hasil visi dan misi seperti maritim bisnis dan wisata bisnis, maka harus ada program SKPD yang selaras. “Contohnya, seperti program pajale (padi jagung dan kedelai) bukan hanya program tanam, tapi harus ada pelatihannya untuk para petani. Terus, dengan nelayan juga harus ada pelatihannya,” terangnya.

Seperti di pertanian, perikanan, dan pariwisata, lanjut Irna, jangan sampai mengusulkan anggaran nilainya ada, tetapi kegiatannya masih belum jelas. “Jangan sampai angkanya muncul. Mereka kelihatannya tak paham. Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga) saat ditanya, kegiatannya tidak tahu,” tegasnya.

Irna berjanji, akan fokus membahas usulan renjra dan renstra dengan para SKPD secara matang. Walau harus sampai dini hari. Hal tersebut dilakukan agar program yang diusulkan SKPD selaras dengan visi dan misi daerah. “Hanya beberapa poin saja yang tak selaras, akan kita bahas sampai sesuai, bila perlu sampai malam ini (kemarin) bahkan sampai dini hari,” katanya.

Sekretaris Disparpora, Mustandri membantah jika usulanya tidak sesuai RPJMD. Kata dia, programnya sudah ada dan rencana kegiatannya juga ada. “Tetapi, hanya pagunya saja yang belum terencanakan, itu pun sebagian saja,” katanya singkat tanpa menyebutkan secara detail program dan kegiatan pada 2017 mendatang. (AZIS/Radar Banten)