Proses Pelipatan Surat Suara, KPU Cilegon Target Empat Hari

0
421 views
Pelipatan surat suara Pilgub Banten di Kota Cilegon.

CILEGON – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mengerahkan sebanyak 71 petugas pelipatan surat suara dengan target rampung selama empat hari masa kerja. Dalam setiap satu lembar surat suara yang dilipat petugas menerima upah Rp125. Demikian dikatakan Ketua KPU Cilegon Fathullah Hisyam saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/1).

“Ini hari pertama kita melaksanakan pelipatan dan sortir surat suara sebagai bagian dari tahapan pilkada yang telah mendekat waktu pelaksanaannya,” ujar Fathullah.

Dijelaskan Fathullah, 71 petugas pelipatan surat suara merupakan warga sekitar kantor KPU Cilegon yang telah biasa diikutsertakan dalam setiap pelipatan suara seperti saat pemilihan Walikota beberapa waktu lalu. Secara keseluruhan ada sebanyak 288.707 lembar surat suara yang saat ini berada di KPU Cilegon.

“Kita targetkan empat hari proses pelipatan ini. Kita berdayakan petugasnya dari warga sekitar yang telah berpengalaman. Jadi saya yakin mereka akan bisa melaksanakannya dengan baik. Serta juga kita melibatkan dari beberapa perwakilan mahasiswa di Cilegon sebagai bentuk tranparansi dan akuntabilitas tahapan telah sesuai SOP,” katanya.

Lebih lanjut, Fathullah menuturkan telah menemukan beberapa jumlah surat suara yang rusak. Surat suara yang rusak akan dikumpulkan untuk meminta pergantiannya kepada KPU Provinsi Banten. “Beberapa temuan ada tadi. Yang sobek, dan ada bercak-bercak. Nanti akan kita rekap semuanya jumlah yang rusak itu,” ucapnya. (Riko)