Proses RT 01 Angsoka Jaya Jadi Kampung Pelangi

0
745 views

KASEMEN – Warga RT 01 RW 09, Lingkungan Angsoka Jaya, Kelurahan/Kecamatan Kasemen, bakal membuat kampungnya menjadi kampung pelangi. Cat dan gambar mewarnai jalan dan tembok di rumah-rumah warganya.

Kebersihan lingkungan RT 01 meningkat saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, periode 4-15 Mei. Sampah-sampah yang tadinya berserakan, dibersihkan oleh warga RT ini.

Setelah itu, Ketua RT 01 Muhidin mengajak warga dan para pemuda rapat membahas rencana dan konsep penataan lingkungan mereka. Sesuai kesepakatan, warga pun mulai merealisaikan lingkungannya menjadi kampung pelangi.

Pengecatan jalan dilakukan pada malam hari, agar tidak mengganggu aktivitas lalu lintas warga. Muhidin dan para pemuda mengecat jalan sambil ronda malam. Para pemuda juga sibuk kerja bakti saat siang hari.  “Kalau malem mah enak. Sepi dan enggak panas,” kata Muhidin, Kamis (11/6).

Menurutnya, dengan membuat kampung pelangi, suasana RT 01 akan terlihat lebih menarik. Meski kampung pelangi tidak ada dalam kriteria penilaian LRLA, namun Muhidin mengaku, tak mempermasalahkannya. Sebab, selain mendekorasi lingkungan dengan pengecatan, warga juga bakal melakukan penghijauan.

“Pengecatan mah tahap awalnya dulu, biar cerah aja kampungnya,” ujar Muhidin.

Penghijauan akan dilakukan setelah pengecatan jalan sepanjang 200 meter selesai. Warga akan membeli pot tanaman secara swadaya. Kemudian, memajangnya di depan pekarangan rumah warga. “Kami minta, setiap KK (kepala keluarga-red) belinya lima pot. Tiga untuk di pekarangan, dua untuk di pinggir jalan,” terang Muhidin.

Lurah Kasemen Ahmadi mengaku tidak memberi penekanan soal penataan lingkungan RT peserta LRLA. Ia memberikan kebebasan kepada setiap RT untuk berkreasi sesuai keinginan warga.

“Supaya dikerjainnya semangat, maka sok aja mau diapain juga. Asal tetap bersih dan aman kampungnya,” jelasnya.

Ahmadi menargetkan, ada RT di wilayah kerjanya yang mendapat juara LRLA. Soalnya, jika dibandingkan dengan penilaian tahap pertama, kini sudah banyak perubahan yang terjadi di enam RT di Kelurahan Kasemen yang ikut LRLA.

“Artinya, segala saran dari juri kami kerjakan,” katanya. (mg06/don)