TANGERANG – Prostitusi memang tidak lagi memakai wajah lawasnya dalam wujud lokalisasi-lokalisasi terpusat. Melalui media online, pelacuran itu dengan mudah menelusup ke ruangruang privat warga.

Polresta Tangerang berhasil me ngungkap jaringan prostitusi via WhatsApp. Tersangkanya Kurniawan Beyeng alias Wawan (40). Pria berkumis ini tak bisa berkutik saat Tim Buser Unit Perempuan dan Perlindungan Anak Polresta Tangerang meringkusnya di salah satu kamar di Hotel Amaris, Citraraya, Panongan. Selain sang mucikari, polisi juga mengamankan tiga wanita yang akan ditawarkan tersangka kepada pria hidung belang.

Kasat Reskrim Polresta Tangerang Kompol Wiwin Setiawan mengatakan, penangkapan itu berawal saat petugas mendapatkan informasi transaksi esekesek dari salah satu percakapan lewat WhatsApp dari tersangka.

Dalam percakapan itu, Wawan memberikan dan mengirimkan sejumlah foto-foto para PSK kepada calon pelanggan agar dipilih. Ini dilakukan untuk meyakinkan calon pelanggannya.

”Setelah oke dan dipilih baru melakukan transaksi. Diberikan uangnya lalu diantar ke wanita tersebut,” jelasnya kepada Radar Banten, Jumat (6/4).

Saat diamankan, Wawan tengah memperdagangkan tiga wanita yang berprofesi sebagai pegawai salon. Para wanita sengaja diberikan diembel-embeli profesi lain untuk mengelabui petugas. Saat ini, ketiga wanita yang berinisial ADY (30), ETS (21) dan KNS (25) berstatus sebagai korban perdagangan manusia. Mereka saat ini tengah dimintai keterangan sebagai saksi.

”Dan benar saja, tersangka telah memperdagangkan wanita ke pria hidung belang dengan tarif Rp500 ribu,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, polisi menjerat pria berkepala pelontos itu dengan Pasal 10 atau Pasal 12 Undang-undang RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). ”Ancaman kurungan maksimal 15 tahun penjara,” pungkasnya.

Wiwin menjelaskan, proses pengungkapan bisnis ”kotor” ini tak mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. Polisi bahkan sempat melakukan penyamaran atau undercover untuk mendalami prosesnya. (mg-07/gar/sub/RBG)