Proyek Fisik Belum Berjalan, Gubernur Naik Pitam

SERANG – Hingga bulan ketiga tahun ini, belum ada satupun proyek fisik yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Banten yang berjalan. Kondisi tersebut pun membuat Gubernur Banten Wahidin Halim naik pitam.

Kemarahan mantan Walikota Tangerang itu ditunjukkan saat sejumlah awak media mengkonfirmasi progres lelang sejumlah proyek di Pemprov Banten.

“Sudah dimarahin, sudah saya bilang, target kamu enggak beres saya sikat,” kata pria yang akrab disapa WH tersebut kepada awak media, Jumat (9/3).

Menurut WH, setiap bulan dirinya terus memberikan arahan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bekerja cepat dalam merealisasikan program-program pemerintah, khususnya yang memakan waktu lama.

Lelang sejumlah proyek ini ditarget selesai pada bulan ini, sehingga pengerjaannya selesai pada November mendatang.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Ali Zamroni mengatakan, soal percepatan lelang sebenarnya DPRD sudah berikan peringatan kepada OPD saat pembahasan anggaran. Saat itu, DPRD sudah memperingatkan jika setiap program yang akan dianggarkan, dokumen lelangnya harus sudah disiapkan.

“Kita dari dulu melakukan pembahasan anggaran sudah mewanti-wanti. Seluruh OPD yang pengajuan pengerjaan fisik, semua dokumen harus dipersiapkan dulu. Kalau dokumennya belum siap jangan diajukan menjadi anggaran. Kami dilema, di satu sisi membutuhkan perbaikan, di sisi lain dihadapkan pada permasalahan dokumen seperti itu,” ungkapnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)