Proyek Tol Serang Panimbang Masuk Daftar Moraturium

0
1.673 views

SERANG – Direktur Utama PT Wika Serang Panimbang Entus Asnawi Mukson memastikan proyek jalan tol Serang Panimbang tidak terpengaruh oleh moraturium Presiden Joko Widodo kendati salah satu proyek strategis nasional di Banten tersebut masuk daftar moraturium.

“Yang dimoraturium pengerjaan layangnya saja, karena terjadi banyak kecelakaan,” ujar Entus kepada awak media setelah menyelenggarakan program corporate social responsibility (CSR) di Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Rabu (28/2).

Menurut Entus, dalam proyek jalan Tol Serang Panimbang ini terdapat beberapa konstruksi layang. Diantaranya, satu junction, lima simpang susun dan 40 overpas.

“Itu kan luar biasa pekerjaannya. Nah jadi itu yang menjadi catatan,” katanya.

Pembangunan fisik non layang tidak mendapatkan hambatan. Presiden tetap mengizinkan proyek tersebut terus berlangsung. Karena itu, pembangunan fisik sudah mulai bisa dilakukan sejak sekarang.

Namun, untuk pembangunan yang layang, PT Wika Serang Panimbang perlu memenuhi sejumlah syarat. Misalnya, prosedur, perans supervisi, serta persoalan tekhnis lainnya.

Persyaratan-persyaratan itu harus sudah dilaporkan sejak enam bulan sebelum pembangunan layang dilakukan. “Kita harus sudah menyelesaikan izinnya,” ujar Entus.

Saat ini, selain sedang dilakukan pembebasan lahan, PT Wika Serang Panimbang sedang membuat jalan persiapan dan pondasi batching plant. “Lahan sudah banyak progressnya. Sudah bertambah, Serang 8 desa dibebaskan, Lebak empat desa, dan Pandeglang satu desa,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)