PT ASDP Siap Berikan Pelayanan Maksimal Saat Libur Natal dan Tahun Baru

0
364 views
Kunjungan Menhub Budi Karya Sumadi ke Pelabuhan Merak.

CILEGON – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) optimistis layanan angkutan jasa penyeberangan di sepuluh lintasan yang terpantau dapat melayani masyarakat pada libur Natal dan tahun baru 2017.

Sepuluh lintasan utama yang dipantau secara nasional yakni Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padangbai, Kayangan-Pototano, Bajoe-Kolaka, Tanjung Kelian-Tanjung Api Api, Sibolga-Nias, Bitung-Ternate, Hunimua-Waipirit, Kupang-Rote, dan Kupang-Sabu

Plt Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, sesuai instruksi Menteri Perhubungan RI Nomor IM 22 tahun 2016, pos koordinasi layanan operasi angkutan Natal 2016 dan tahun baru 2017 berlangsung dari 18 Desember 2016 hingga 9 Januari 2017.

“ASDP berkomitmen untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jasa penyeberangan yang melakukan perjalanan di periode Natal dan tahun baru dengan aman, nyaman, lancar, dan selamat sampai di pelabuhan tujuan,” ujar Faik di sela-sela acara kunjungan Menteri Perhubungan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Senin (12/12/2016).

Puncak arus berangkat angkutan Natal dan tahun baru di prediksi pada 23-24 dan 30-31 Desember 2016. Sedangkan arus balik pada 2-3 Januari dan 8 Januari 2017. “Tahun ini, waktu arus mudik dan balik Natal diperkirakan akan lebih panjang karena berbarengan dengan waktu liburan sekolah,” katanya.

Dari sepuluh lintasan penyeberangan terpadat yang dipantau, diperkirakan bakal ada 3,31 juta orang yang akan menyeberang atau naik 4,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 3,17 juta orang. Sementara trafik kendaraan roda diperkirakan naik 6,2 persen. Roda empat naik 5,8 persen. Adapun kenaikan trip sebanyak 8,1 persen.

“Kami pastikan jumlah kapasitas angkut kapal memadai tahun ini dan mempercepat proses bongkar muat di pelabuhan. Dalam kondisi padat akan di operasionalkan kapal-kapal berkapasitas besar,” ucapnya. (Riko)