PT ASDP Telah Seberangkan Satu Juta Pemudik

JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry telah menyeberangkan hampir satu juta orang pemudik saat angkutan Lebaran 2016 dari pulau Jawa ke Sumatera. Untuk kali pertama, perseroan juga sukses menggelar layanan penjualan mobile e-ticketing di Rest Area KM 43 & KM 68 Tol Tangerang-Merak.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro mengatakan, penyelenggaraan arus mudik Lebaran kali ini jauh lebih baik. Karena itu, pola arus balik penyeberangan diharapkan jauh lebih sukses dibandingkan pelayanan dari arus mudik.

Di mana, setiap lintasan utama yang dipantau telah melebihi target kenaikan trafik penumpang sebesar lima persen. Adapun tujuh lintasan penyeberangan yang ramai saat arus mudik maupun balik, yakni Merak-Bakaheuni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Bajoe-Kolaka, Tanjung Api-Api-Bangka (Tanjung Kelian), Kayangan-Pototano, dan Kariangau-Penajam.

“Dari ketujuh lintasan utama terpantau di atas, Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padang Bai, maupun Tanjung Api-api – Bangka, telah mencatat jumlah pemudik yang meningkat di atas 5 persen dibandingkan tahun lalu,” ujar Danang dalam siaran persnya, Kamis (7/7).

Sementara, layanan arus balik penyeberangan diprediksi akan dimulai dan mengalami peningkatan trafik mulai akhir pekan ini, terhitung Sabtu (9/7) atau H+2 hingga akhir pekan ini.

“Kami juga bersyukur, karena selama pelayanan arus mudik feri dari H-12 hingga hari H Lebaran, tidak ada kecelakaan (zero accident) yang terjadi,” tandas Danang. (chi/jpnn)