Area loading I PT Dover Chemical, lokasi ledakan.

CILEGON – Manager Human Resources and General Affair PT Dover Chemical Dade Suparna membenarkan sirine tidak berbunyi saat terjadi ledakan Kamis (18/2/2016) sore.

“Memang tidak ada sirine yang bunyi waktu kejadian itu. Kita belum tahu penyebabnya, apakah rusak atau kenapa. Biasanya sirine itu bekerja otomatis dan kita uji secara rutin,” ungkapnya saat konferensi pers di ruang sekuriti PT Dover Chemical, Jumat (19/2/2016).

Sirine tidak berbunyi, kemarin, membuat warga yang tinggal dekat pabrik penampungan material kimia tersebut panik dan mengungsi. Apalagi bunti ledakan terdengar keras dan terjadi beberapa kali.

“Bunyi ledakan itu bukan dari tangki, tapi dari ban truk yang meletus. Prinsipnya, tidak ada dampak yang membahayakan warga sekitar. Warga mungkin panik karena takut ada polusi kimia ke permukiman,” katanya.

Dade menyatakan, peristiwa ledakan terekam CCTV. Sayangnya dia belum dapat menunjukkan isi rekamannya “Nantilah, soalnya CCTV itu sebenarnya hanya untuk keamanan di kawasan pabrik saja,” jelasnya. (Devi Krisna)