PT KS dan Pemkot Bisa Duduk Bersama untuk Cari Solusi

Pabrik baja Krakatau Steel di Kota Cilegon.

CILEGON – Komisi II DPRD Kota Cilegon akan memanggil manajemen PT Krakatau Steel  (KS) untuk menyikapi kabar rencana pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. Wakil Ketua Komisi II Erick Rebiin mengatakan, rencana PHK terhadap ribuan karyawan tidak sejalan dengan semangat pemerintah mengurangi pengangguran.

“Harus dikaji ulang apakah tidak ada langkah konkret lain. KS kan banyak anak perusahaannya, apakah enggak ada solusi lain, misalnya diberdayakan ke anak perusahaan,” ujarnya.

Untuk mencari solusi terbaik, Komisi II mengaku akan mengundang PT KS, Pemkot Cilegon, dan buruh untuk duduk bersama sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. “Kami akan usahakan secepatnya. Mudah-udahan minggu ini bisa terakomodir,” ujarnya.

Anggota Komisi II lain Yusuf Amin menuturkan hal yang sama. Menurutnya, PHK  bukan jalan penyelesaian persoalan yang sedang dihadapi KS. “Ini akan menimbulkan dampak pengangguran makin tinggi di Cilegon,” ujarnya.

Politikus PDIP ini menilai perlu ada solusi lain yang masih bisa memberdayakan para buruh. “Intinya harus duduk bersama antara KS dan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” ujarnya. (Bayu Maulana)