PT Wika Serang Panimbang Berbagi di Tunjung Teja dan Cibadak

SERANG – PT Wijaya Karya (Wika) Serang Panimbang hari ini menggelar program Wika Mengajar di SMPN 2 Tunjung Teja, Kabupaten Serang dan di Cibadak, Kabupaten Lebak. Program tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) perusahaan tersebut.

Direktur Utama PT Wika Serang Panimbang Entus Asnawi Mukson menjelaskan, kegiatan seperti ini terus dilakukan PT Wika di setiap daerah yang menjadi lokasi proyek.

Kegiatan seperti itu dilakukan selain untuk berbagi, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait manfaat dari adanya proyek yang sedang digarap oleh PT Wika, dalam hal ini Tol Serang Panimbang.

Melalui program ini, PT Wika Serang Panimbang sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN) memberikan pemahaman dan pengetahuan soal ke-Indonesiaan, program-program PT Wika, dan terkait perkembangan media sosial.

“Selain itu, perbaikan air untuk tempat wudhu, pompa air, yang tadinya tidak bisa kepakai, sekarang sudah kepakai,” kata Entus di SMPN 2 Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Rabu (28/2).

Selain itu, PT Wika Serang Panimbang pun memberikan bantuan buku, alat peraga untuk menunjang proses belajar mengajar serta memberikan tas sekolah kepada para siswa di sekolah tersebut.

“Kita berharap bisa bermanfaat bagi sekolah, murid,” katanya.

Dipilihnya SMPN 2 Tunjung Teja dan Cibadak, menurut Entus itu senada dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, dimana hadir dari daerah pinggiran serta revolusi mental.

Ketua Komite Sekolah SMPN 2 Tunjung Teja Udin Jaenudin menjelaskan, program CSR dari PT Wika Serang Panimbang tersebut sangat membantu sekolah. Menurutnya, bantuan yang diberikan setidaknya bisa meringankan beban sekolah.

“Saya berharap program ini terus ada, karena untuk membangun pendidikan perlu peran bersama-sama,” ujarnya setelah kegiatan.

Menurutnya, banyak hal yang dibutuhkan sekolah agar proses belajar mengajar bisa berjalan baik. Namun karena persoalan anggaran, kebutuhan itu tidak bisa dipenuhi.

Udin mencontohkan perlu adanya sarana olahraga, namun karena membutuhkan anggaran besar, sarana itu tidak bisa diwujudkan. Padahal penting bagi siswa.

“Saya rasa perusahaan-perusahaan lain juga perlu kaya PT Wika, bantu sekolah,” tuturnya.

Kepala Sekolah SMPN 2 Tunjung Teja Taufik Solihin mengaku menyambut baik program PT Wika Serang Panimbang tersebut. “Sangat dirasakan manfaatnya untuk sekolah, untuk mendorong proses belajar mengajar,” ujarnya.

SMPN 2 Tunjung Teja ditunjuk sebagai lokasi pelaksanaan CSR mungkin karena jarak yang jauh dari perkotaan. Dijelaskan Taufik, kendala saat ini memang akses jalan yang belum baik.

“Dengan adanya tol Serang Panimbang mungkin nanti akses jalan ke sini juga diperbaiki. Dengan adanya tol, yang mau ke sini pun jadi mudah,” paparnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)