Puluhan Jurnalis Banten Disuntik Vaksin

0
1745

SERANG – Puluhan jurnalis di Provinsi Banten disuntik vaksin Covid-19 bersama ribuan pejabat publik dan ASN di Pemprov Banten.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, dari 200 kuota vaksin untuk jurnalis yang setiap hari liputan di Pemprov Banten, yang sudah divaksin baru 80 orang.

Menurut Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti, vaksinasi tahap kedua untuk pekerja publik di Provinsi Banten, pihaknya telah menerima vaksin sebanyak 28.800 vial untuk 13.500 sasaran penerima. “Salah satu kelompok masyarakat penerima vaksin tahap kedua adalah jurnalis. Alhamdulillah hari ini 80 jurnalis terdaftar sebagai penerima vaksin tingkat provinsi. Sisanya divaksin di kabupaten/kota,” kata Ati kepada wartawan di pelataran RSUD Banten, Kamis (25/2).

Secara teknis, lanjut Ati, vaksinasi tahap kedua untuk pekerja publik dilakukan mulai 24 hingga 27 Februari 2021. “Vaksinasi tahap kedua termin pertama dilakukan selama empat hari. Semuanya dipusatkan di RSUD Banten,” bebernya.

Adapun suntik vaksin termin kedua akan dilaksanakan pada 10 hingga 14 Maret mendatang. “Jadi puluhan jurnalis yang hari ini divaksin termin pertama, akan disuntik vaksin untuk kedua pada 11 Maret mendatang,” tutur Ati.

Ati berharap, vaksinasi tahap kedua yang diikuti oleh jurnalis merupakan bagian dari sosialisasi program vaksinasi kepada masyarakat. “Vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah mencegah penyebaran covid-19, pelaksanaannya dilakukan bertahap di mana tahap satu untuk tenaga kesehatan. Tahap kedua untuk pekerja publik, dan nanti tahap ketiga yang direncanakan April dilakukan suntik vaksin untuk masyarakat umum,” pungkasnya.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Banten Teguh Mahardika usai divaksin mengatakan, dari 80 wartawan yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi, tidak semuanya disuntik vaksin. “Ada dua teman kami yang ditunda suntik vaksinnya, lantaran tensi darahnya cukup tinggi. Tapi secara keseluruhan suntik vaksin kepada jurnalis Banten berjalan aman dan lancar,” katanya.

Mewakili rekan-rekan jurnalis Banten, Teguh mengapresiasi Pemprov Banten melalui Dinkes yang telah memprioritaskan jurnalis sebagai penerima vaksin tahap kedua.

“Terima kasih pemprov telah menjadikan jurnalis salah satu prioritas untuk divaksin. Semoga jika kami kuat dan sehat, informasi di Banten bisa tersampaikan cepat dan akurat. Sebab jurnalis bukan Objek Pembangunan, Tapi peran kami selalu ada dalam setiap capaian pembangunan,” tutur Teguh. (den)