Puluhan Kades di Lebak Diberi Tahu Soal Jenis Pungli dan Korupsi

0
41
Sosialisasi tentang tindak pidana korupsi dan pungli di Aula Multatuli Setda Lebak, Kamis (11/4).

RANGKASBITUNG – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Lebak memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan edukasi tentang pentingnya peran semua pihak dalam memberantas praktik pungli dan korupsi.

Sosialisasi kali ini dilakukan kepada puluhan kepala desa di Kabupaten Lebak yang diadakan di Aula Multatuli Setda Lebak, Kamis (11/4). Acara dihadiri Kasat Sabara Polres Lebak AKP Asep Jamaludin yang juga Satgas Prepentif Saber Pungli Kabupaten Lebak dan Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebak Halson Nainggolan.

“Penyuluhan dan sosialisasi penting dikedepankan untuk mengedukasi masyarakat khususnya para kepala desa guna meminimalisir kemungkinan timbulnya penyelewengan atau pungli,” kata Asep.

Kepala desa selaku pelayan publik, lanjut dia, perlu diberi informasi yang utuh, tentang kegiatan atau jenis pungutan apa saja yang dapat di kategorikan sebagai pungli atau korupsi. “Untuk membentengi agar menghentikan segala bentuk pungutan illegal,” katanya.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Lebak Halson Nainggolan mengatakan, penyuluhan ini untuk menggugah kesadaran kolektif agar masyarakat maupun aparatur negara menjadi melek terhadap hukum. “Maka perlu ada penyuluhan atau sosialisasi, sehingga secara preventif pungli dapat diminimalisir,” kata mantan kepala Dinkop dan UKM Lebak ini.

Dia berharap, Kabupaten lebak menjadi salah satu daerah di Banten yang bersih atau bebas dari pungli maupun korupsi. (Nurabidin)