LEBAK – Sebanyak 24 kendaraan roda dua terjaring razia dalam operasi zebra kalimaya 2018 yang di gelar di Jalan Raya Rangkasbitung – Pandeglang tepatnya depan Polsek Warunggunung, Senin (5/3). 

Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Polres Lebak Iptu E Kusroin mengatakan, puluhan pengendara roda dua tersebut sebagian besar tidak menggunakan helm. Selain itu, tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM) dan ada juga yang memakai knalpot racing, bahkan tidak membawa STNK. 

“Puluhan kendaraan tersebut kita kenakan tilang, tidak ada kebijakan dalam operasi zebra kalimaya ini. Semua kelengkapan berkendara kita periksa,” ujarnya. 

Kusroin menambahkan, selain puluhan kendaraan roda dua, kendaraan roda empat pun tidak luput dari pemeriksaan. “Ada beberapa roda empat yang melanggar peraturan berlalu lintas, seperti tidak punya SIM dan tidak memakai sabuk pengaman. Itu semua kita tindak dan dikenakan sanksi tilang,” katanya. 

Sementara itu, Kasatlantas Polres Lebak AKP Rahmat Sampurno mengatakan, operasi ini akan berakhir pada tanggal 21 Maret 2018.

“Kita mulai dari ini sampai 21 Maret 2018. Saya harap pengendara roda dua maupun roda empat melengkapi syarat berkendara, karena itu merupakan peraturan berlalulintas. Saya juga berharap pengendara dapat sadar tertibnya berlalu lintas, karena itu semua untuk keselamatan mereka berkendara,” tegasnya. (Omat/twokhe@gmail.com).