Puluhan Pasutri di Lebak Jalani Isbat Nikah

RANGKASBITUNG – Sebanyak 48 pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Lebak menjalani sidang Isbat, pada acara nikah massal yang berlangsung di ruang Rapat Paripurna DPRD Lebak, Rabu (31/7). Kegiatan yang diinisiasi Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) tersebut diikuti pasangan suami – istri (pasutri) yang sudah lama menikah dan memiliki banyak keturunan, namun belum mempunyai buku nikah.

“Dengan mengikuti isbat nikah ini ke- 48 Pasutri ini status pernikahan sudah legal secara negara, sehingga nantinya tercatat sebagai dokumen negara,” ujar Kepala Disdukcapil Lebak Ujang Bahrudin.

Sekretaris IKI Albertus Pratomo mengatakan, di Kabupaten Lebak masih banyak warga yang sudah lama menikah, namun belum memiliki buku nikah. Sebab itu, ia berharap, program ini ke depannya bisa dilaksanakan oleh Pemkab Lebak.

“Poin intinya, kita ingin terbangunnya kesadaran masyarakat atas dokumen pernikahannya ini. Saya kira di luar masih ada ribuan pasang suami istri yang sesungguhnya telah menikah secara agama. Kami ingin mengungkit ke depan agar bisa dibiayai dari APBD. Saya kira Lebak bisa menjadi pelopornya,” katanya.

Sementara itu, Maman warga Kecamatan Cileles mengaku bersyukur atas program isbat nikah secara massal ini.

“Alhamdulillah, setelah ini, kita dicatat sebagai pasangan yang sah secara negara. Mudah-mudahan, sehingga bisa memudahkan mengurus dokumen kewarganegaraan,” ujar dia. (Nurabidin Ence)