Puluhan Pegawai Enam SKPD Pemkot Serang Belum Gajian

0
517 views
Ilustrasi

SERANG – Puluhan pegawai di enam satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkot Serang belum gajian. Sementara, pegawai di 27 SKPD lain sudah menerima gaji mereka.

Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Raudah mengungkapkan, hingga kemarin, tinggal enam SKPD yang belum mengajukan pembayaran gaji. “Awal pekan ini masih ada sepuluh yang belum mengajukan. Namun, hari ini (kemarin-red) ada empat SKPD lagi yang mengajukan,” ungkap Raudah melalui telepon seluler, Rabu (18/1).

Raudah mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat enam SKPD itu belum mengajukan pembayaran gaji. Padahal, gaji sudah mulai bisa dibayarkan sejak pekan lalu. “Berdasarkan informasi yang saya terima, ada SKPD yang belum mempunyai staf sehingga belum bisa menunjuk bendahara,” ungkapnya.

Selain itu, ada juga lantaran kepala SKPD sedang menjalani ibadah umrah sehingga tidak ada yang menandatangani surat perintah membayar. Kata dia, pembayaran gaji pegawai 27 SKPD lain sudah secara keseluruhan. Mulai dari eselon dua, tiga, empat, hingga staf.

Raudah mengatakan, setelah surat perintah pencairan dana (SP2D) keluar maka satu hari gaji tersebut ada di rekening masing-masing pegawai. “Hanya satu hari input bank ke rekening,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang Hamsin mengaku belum menerima gaji. Selain dirinya, para pejabat di Diskominfo juga mengalami hal yang sama. “Saat ini masih dalam proses karena pejabat penandatangan baru mau dikirim hari ini,” ungkapnya.

Ketua PD Muhammadiyah Kota Serang ini mengaku, pihaknya masih menunggu surat perintah tugas pejabat penandatangannya. Diakui, Diskominfo belum memiliki staf sehingga penunjukan bendahara terkendala. ”Tapi, sekarang sudah ada, tinggal menunjuk SK (surat keputusan),” tutur Hamsin. Ketua DKM Al Madani ini berharap, dalam waktu dekat gaji untuk para pegawai Diskominfo dapat dibayarkan. (Rostina/Radar Banten)