Puluhan Pekerja di PT KIEC Kena PHK

Pemberian bantuan kepada pekerja perempuan yang terkena PHK.

CILEGON – Puluhan pekerja di PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat wabah Covid-19. Hal itu terungkap saat pemberian bantuan spesifik perempuan kepada pekerja perempuan yang terdampak Covid-19 di aula Setda Kota Cilegon.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Bencana (DP3AKB) Henny A Susila menjelaskan, data itu diperolah dari pihak KIEC. “Sebelum Lebaran kita diminta data pekerja perempuan yang kena PHK oleh Kementerian PPA,” ujar Henny kepada wartawan, Kamis (29/5).

Menurut Henny, pihaknya hanya memiliki data pekerja perempuan di PT KIEC saja, karena di perusahaan tersebut terdapat Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3). Sedangkan di perusahaan lain di Kota Cilegon, Henny mengaku belum memperoleh data berapa banyak pekerja perempuan yang terkena PHK akibat dampak Covid-19.

Karena itu, hanya 51 pekerja perempuan itu lah yang diusulkan ke Kementerian PPA untuk mendapatkan bantuan. Selain diberikan bantuan berupa sejumlah barang seperti hand sanitizer, disinfektan, masker, sarung tangan, vitamin, susu, sabun cuci baju, listerin, dan pembalut. Rencananya para pekerja perempuan itu pun akan diberikan pelatihan oleh kementerian agar memiliki kompetensi khusus, dan bisa mencari penghasilan dengan modal keterampilan tersebut. “Saya lihat yang kena PHK itu masih muda-muda usia nya,” ujarnya. (Bayu M)