Puluhan Pendonor Dapat Penghargaan Dari Ketua PMI Banten

SERANG – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah berikan penghargaan pada 83 pendonor darah sukarela.

Para pendonor tersebut telah mendonorkan 75 dan 100 kali, hal itu sebagai wujud apresiasi PMI pada orang yang secara ikhlas memberikan darahnya untuk masyarakat yang membutuhkan.

Pemberian penghargaan tersebut disaksikan Ketua PMI Kabupaten Serang Fahmi Hakim dan Pengurus PMI Kabupaten/Kota se Provinsi Banten di Aula Pusdiklat PMI, Kamis (28/09).

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, peran penting pendonor darah pada ketersediaan darah adalah hal mutlak yang harus terus berjalan, guna menyelamatkan sesama.

Dikatakan, donasi darah tersebut untuk masyarakat yang membutuhkan ketika terjadi pendarahan akibat kecelakaan, ibu melahirkan caesar, operasi, demam berdarah, cuci darah dan lain sebagainya.

“Kita tahu bersama untuk mendonorkan darah bukan sesuatu yang sulit. Menumbuhkan jiwa kemanusiaan terhadap masyarakat melalui upaya donor darah menjadi tugas kita bersama,” ungkapnya, Kamis (28/9).

Berdasarkan data laporan semester 1 pada 2017, tercatat 82.288 pendonor darah sukarela yang tersebar di Provinsi Banten. Peningkatan jumlah pendonor darah sukarela di Provinsi Banten masih memerlukan upaya secara berkelanjutan.

Dikatakan, untuk mencermati kondisi tersebut, ia berharap seluruh unsur instansi atau lembaga bersama PMI dapat mengajak dan mensosialisasikan pentingnya donor darah sebagai upaya meningkatkan jumlah pendonor darah.

“PMI Provinsi Banten tengah memproses pengajuan pendonor darah sukarela, yang akan memperoleh penghargaan satya lencana kebaktian sosial dari Presiden RI,” tuturnya.

Penghargaan ini khusus bagi pendonor darah sukarela 50 kali, kata dia, mengingat jumlahnya mencapai 500 pendonor darah, untuk diupayakan berikan penghargaan 2018 mendatang.

Ketua Panitia Neneng Yuningsih mengatakan, kegiatan tersebut rutin diadakan setiap tahun. Memberikan penghargaan bagi pendonor darah sebanyak 50, 70, dan 100 kali.

Ia mengatakan pendonor darah 75 kali terdapat 61 orang. Kabupaten serang 4 orang, Kota Tanggerang 27 orang, Kabupaten Tanggerang 26 orang, Cilegon 1 orang, Lebak 3 orang. Sedangkan, Pendonor sebanyak 100 kali terdaftar 22 orang di Kabupaten Serang 4 orang, Kota Tanggerang 14 orang, Kota cilegon 4 orang.

“Bagi para pendonor saya ucapkan terimakasih, setetes darah anda sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya,” tukasnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).