Puluhan Pesilat Tarung Ikuti Kejuaraan Olahraga Prestasi di Cilegon

Jhoni Ahmad

CILEGON – Puluhan pesilat Kota Cilegon memeriahkan Kejuaraan Olahraga Prestasi. Kejuaraan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon itu bertujuan mencari bibit potensial.

Kejuaraan yang digelar di GOR Asa Sport Center, Kota Cilegon, dibuka kemarin (14/8). Ada 80 orang peserta cabang olahraga (cabor) pencak silat mewakili masing-masing kecamatan di Kota Cilegon.

Penanggung jawab kejuaraan cabor pencak silat, Jhon Ahmad mengatakan, Kejuaraan Prestasi ini dalam rangka menyiapkan atlet potensial menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2022.

“Kejuaraan ini untuk mencari bibit-bibit atlet berprestasi yang akan dipersiapkan membela Kota Cilegon di ajang Porprov Banten 2022. Peserta kejuaraan mulai dari usia sekolah dasar (SD) hingga dewasa di bawah 25 tahun,” kata Jhon.

Dijelaskan Jhon, untuk cabor pencak silat, kejuaraan dilaksanakan selama dua hari, mulai Rabu (14/8) hingga Kamis (15/8) hari ini. Untuk peserta usia SMP ke bawah di nomor seni gerak, sedangkan SMA ke atas di nomor tarung.

“Untuk SMP dan SD tidak di nomor tarung, hanya di seni gerak, agar tidak ada kontak fisik. Yang tarung SMA ke atas. Semoga kejuaraan ini berjalan lancar tanpa kendala dan menghasilkan juara-juara yang tangguh,” jelas Jhon.

Peserta asal Kecamatan Cibeber, Fikri Fairuz Sakhi menargetkan juara pada kejuaraan itu. Fikri sukses menembus partai final setelah menumbangkan dua pesaingnya. “Saya turun di kelas fighter A, 45 sampai 50 kilogram. Semoga bisa menjadi juara, itu target saya,” ungkap pelajar kelas X SMA itu. 

Kepala Bidang (Kabid) Keolahragaan Dispora Kota Cilegon Apipudin mengatakan, kejuaraan olahraga prestasi se-Kota Cilegon merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan ruang bagi pelajar menyalurkan bakatnya.

Utamanya yang memiliki bakat olahraga melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masing-masing. Dengan ajang turnamen ini bisa mengasah bakatnya dan melatih mental.

“Sebagai pembinaan olahraga, kejuaraan ini bertujuan untuk mencari bibit atlet berbakat. Untuk dibina dan dikembangkan agar lebih terarah. Harapannya, semoga peserta dapat meningkatkan kualitas diri dan berprestasi,” kata Apip. (rbs/nda/ira)