Kegiatan BPJS Kesehatan Banten.

SERANG – Puluhan ribu wanita mengecek kesehatan organ intimnya secara serentak di seluruh Indonesia pada Jumat (29/7). Mengecek kesehatan dalam bentuk pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) ini diikuti 27.000 wanita dan papsmear 10.275 wanita.

Kegiatan dalam rangka Pencanangan Gerakan Promotif Preventif dengan Pemeriksaan IVA dan Papsmear ini diinisiasi BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja yang dipimpin Ibu Iriana Joko Widodo, Kementerian Kesehatan dan BKKBN. Pencanangannya dilaksanakan di Kupang, sementara pelaksanaannya di 1.558 titik pelayanan di Indonesia.

Kegiatan tersebut juga tercatat dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Penyelenggaraan Program Pemeriksaan IVA dan Papsmear serentak dengan jumlah titik layanan terbanyak di Indonesia.

Di Banten, pelayanan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan papsmear serentak dilakukan di seluruh kabupaten dan kota.

“Untuk Kabupaten Pandeglang di Puskesmas Kecamatan Kaduhejo yang dihadiri Bupati Pandeglang,” kata Kepala BPJS Kesehatan Regional XIII, Benjamin Saut PS melalui rilis yang diterima Radar Banten Online, Jumat (29/7).

Di wilayah Kabupaten Pandeglang, kata Benjamin, BPJS Kesehatan menargetkan sebanyak 100 pemeriksaan.

“Pemeriksaan ini untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker leher rahim/kanker mulut rahim. Jenis kanker ini sering terjadi pada wanita dan juga penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita,” katanya. (Fauzan Dardiri)