Ilustrasi.

SERANG ā€“ Puluhan ruang kelas sejumlah sekolah di Kota Serang dalam kondisi rusak parah. Sebagian besar berada di Kecamatan Kasemen, Taktakan, Walantaka dan Curug.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Akhmad Zubaedillah kepada wartawan melalui telepon seluler, Rabu (24/2/2016). Dari 246 SD, ruang kelas dalam kondisi baik 1980 ruang, rusak sedang 28 ruang, dan rusak berat 36 ruang. Untuk SMP ada 72 sekolah, baik negeri maupun swasta. Kondisi ruang kelas baik 772 ruang, rusak sedang 13 ruang, dan rusak berat 20 ruang. Sedangkan untuk SMA/SMK ada 75 Sekolah. Kondisi ruang kelas baik 814 ruang, rusak sedang tidak ada, dan rusak berat 30 ruang.

Kebutuhan ruang kelas baru (RKB) tahun 2016, lanjut dia, sebanyak 495 ruang. Terdiri atas SD sebanyak 341 ruang, SMP 58 ruang, dan SMA/SMK 96 ruang. “Kebanyakan sekolah yang membutuhkan penambahan RKB ini berada di daerah padat penduduk,” katanya.

Pembangunan RKB dilakukan secara bertahap karena anggaran terbatas. Diprioritaskan sekolah di perkotaan. Anggaran perbaikan dan pembangunan RKB sekitar Rp90 miliar. “Anggaran itu untuk kegiatan semuanya, dibagi-bagi seperti untuk Paud, SD, kejar paket A,B,C dan program Dindikbud lainnya,” ungkapnya. (Fauzan Dardiri)