Puluhan Rumah di Tenjoayu Terendam Banjir

0
744 views
Kawasan permukiman warga di Desa Tenjoayu, Kecamatan Tanara yang terendam banjir usai diguyur hujan deras, Sabtu (18/1).

TANARA – Setelah beberapa wilayah di Kabupaten Serang diterjang banjir beberapa waktu lalu, giliran wilayah Kecamatan Tanara, tepatnya di Desa Tenjoayu yang terendam, Sabtu (19/1). Sedikitnya, 35 rumah yang terendam dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Selain disebabkan intensitas curah hujan, juga terjadi penyempitan saluran air di wilayah tersebut.

Informasi yang dihimpun Radar Banten, hujan deras melanda wilayah Kecamatan Tanara sejak pukul 01.00 WIB. Karena hujan tak kunjung reda, sekira pukul 05.00 WIB air dari saluran air di wilayah Desa Tenjoayu meluap karena terjadi penyempitan. Akibatnya, sebanyak 35 rumah warga tergenang air hujan di dua kampung Desa Tenjoayu.

Warga setempat Haeroni mengatakan, hujan besar sudah terjadi di wilayahnya sejak pukul 01.00 WIB dan baru reda sekira pukul 05.00 WIB. Intensitas curah hujan itu pun, kata Haeroni, menyebabkan permukiman di wilayahnya terendam. “Kampung banjir karena banyak sampah yang menyumbat. Jadi airnya enggak mengalir,” keluhnya.

Kata Haeroni, banjir di desanya sering terjadi setiap turun hujan deras. Selain disebabkan kondisi saluran drainase yang buruk, kata Haeroni, desa juga dikelilingi area persawahan. “Jadi air dari sawah juga ikut meluap,” terangnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengaku, pihaknya sudah turun tangan menangani banjir di Desa Tenjoayu. Berdasarkan hasil pendataan di lokasi, sedikitnya 35 rumah dari dua kampung yang terendam banjir. “Ketinggian air 30 sampai 40 sentimeter,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Nana, genangan air di wilayah tersebut sudah mulai surut dan Desa Tenjoayu dinyatakan sudah kondusif. “Warga masih menempati rumahnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tegasnya. (jek/zai/ags)