CILEGON – Puluhan pengendara sepeda motor terkecoh dengan razia kendaraan bermotor (R2) yang dilakukan oleh Satlantas Polres Cilegon, Selasa (20/1) pagi. Pasalnya, razia kendaraan bermotor roda dua yang biasa dipusatkan di kawasan Bonakarta, kali ini dilakukan razia di kawasan Perempatan Damkar, Kelurahan Kotasari, Kecamatan Grogol, Cilegon.

Ryan, salah seorang pengendara yang tengah melintas di jalur itu tidak dapat mengelak ketika di hadapannya berbaris polisi berseragam yang meminta surat-surat kelengkapan kendaraan warga Komplek Perumahan Krakatau Steel (KS) yang tak mengenakan helm pada saat itu. “Tadi barusan belanja, gak tau malah ada razia di sini,” ujarnya usai menjalani pendataan oleh petugas.

Di tempat yang sama, Kaur Lantas Satlantas Polres Cilegon, Iptu Sudarman menerangkan, razia yang dilaksanakan itu selain merupakan operasi rutin, sekaligus juga menindaklanjuti maraknya laporan kasus pencurian kendaraan bermotor yang diterima akhir-akhir ini.

“Razia ini adalah giat rutin, kami alihkan lokasinya dis ini karena kondisional saja. Sengaja memang kami alihkan. Razia ini dilakukan karena laporan curanmor yang kami terima cukup tinggi,” ujarnya.

Puluhan pengendara terjaring dalam razia itu. Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar taat hukum, kata dia, pelaksanaan razia pun akan ditingkatkan pada waktu waktu yang di luar dugaan warga agar razia itu lebih efektif. “Bila perlu, gelar razia itu juga akan kita lakukan pada malam hari ataupun subuh. Kita tinggal menunggu instruksi dari atas,” tandasnya. (Devi Krisna)***