Penandatanganan prasasti bantuan sarana air bersih di Desa Kadukempong, Kecamatan Padarincang.

SERANG – Ratusan kepala keluarga warga di Kampung Karenceng, Desa Kadukempong, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, puluhan tahun kesulitan memperoleh air bersih. Untuk memperoleh air bersih untuk masak, minum, dan mandi, mereka harus pergi ke sumber mata air yang jaraknya mencapai tiga kilometer.

Sumber air yang berasal dari Sumur Citaman, Cikole, dan Cisumur, itu juga sulit dilalui. Jalannya berbukit-bukit dan licin. Warga harus sekuat tenaga memikul air atau menggunakan kendaraan.

Rahmat, Kaur Kepemerintahan Desa Kadukempong mengatakan, di Desa Kadukempong ada 620 kepala keluarga dengan 3.200 jiwa. “Kesulitan kami sudah teratasi dengan bantuan sarana air bersih,” kata Rahmat usai persemian bantuan sarana air bersih hasil kerja sama Pemkab Serang, PT DOW Indonesia, dan Rekonvasi Bhumi, Rabu (3/8).

“Masyarakat berterimakasih sekali karena tidak perlu berjalan dan memikul air untuk kebutuhannya sehari-hari,” lanjut Rahmat.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang hadir pada acata itu berjanji akan membangun jalan di desa tersebut. Bupati merasakan akses menuju Kampung Karenceng. “Jika jalan dan fasilitas sudah dibangun tolong dipelihara dan dirawat jangan sampai ada rumput yang menempel di bahu jalan,” kata Bupati. (Sodik)