Petugas Pol PP saat merazia dan melakukan pendataan

CILEGON – Puluhan warga terjaring dalam operasi yustisi yang dilakukan Satpol PP Provinsi Banten di depan kantor Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Rabu (30/12/2015). Operasi dilakukan pada pengendara motor yang melintas. Sejumlah warga yang terjaring razia panik, karena tidak mengetahui adanya operasi tersebut. “Tadinya cuma mau ke warung doang, eh malah ada razia KTP,” ujar Reni, salah seorang warga yang didapati tidak membawa kartu identitasnya pada saat itu.

Kasi Pelatihan Dasar Bidang Sumber Daya Aparatur Satpol PP Provinsi Banten Lalan Suherlan mengatakan, tujuan operasi itu merupakan program rutin yang dilakukan pihaknya dimana operasi yang sama juga dilakukan serentak di lima Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten. “Kita hanya lakukan pembinaan dan penyuluhan saja kepada warga yang tidak membawa KTP. Karena kemana-mana, kita seharusnya membawa identitas,” ujarnya.

Instruksi kewajiban memiliki kartu identitas, lanjut Lalan, sepenuhnya diserahkan ke Pemerintah Daerah masing-masing sesuai dengan Perda yang berlaku di setiap daerah. “Tidak ada sidang. Kita cuma lakukan pendataan saja, dan imbauan kepada warga yang tidak membawa KTP,” tandasnya. (Devi Krisna)