Puncak Arus Mudik Pelabuhan Merak Kemungkinan Malam Ini

Ilustrasi Merak Macet

MERAK – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memantau arus mudik di Pelabuhan Merak Banten, Minggu (3/7/2016). Hasilnya, Pelabuhan Merak Banten hari ini relatif lancar.

“Dari hasil pemantauan hari ini, lancar bila dibandingkan kemarin. Saya kira belum, untuk puncak arus mudik dari Merak ke Bakauheuni, mungkin bisa saja nanti malam,” kata Menhub Ignasisus Jonan.

Sementara itu, jika ditinjau secara nasional arus mudik kali ini, Jonan mengatakan lebih baik. “Jika dibandingkan tahun lalu, tahun ini lebih rapi, petugasnya lebih siap baik pihak kepolisian di jalan raya, petugas di bandara dan sebagainya lebih teratur, mungkin karena liburnya lebih panjang,” ucap dia.

Jonan menambahkan, penjualan tiket dengan sistem e-ticketing yang dilakukan ASDP di rest area tol menuju Pelabuhan Merak sangat membantu. “Adalagi kalau yang menggunakan transportasi umum kecuali bus seperti kereta api, penyeberangan laut lalu juga udara banyak yang sudah menggunakan penjualan tiket di depan atau sistem online. ASDP juga bagus di KM 68 ada penjualan tiket sehingga penumpukan di dermaga, terminal, bandara, stasiun kereta hampir tidak ada,” jelasnya.

Sementara itu, terkait rencana strategis pemerintah dalam menghadapi arus mudik tahun ini, Jonan mengatakan pihaknya setiap tahun melakukan evaluasi. “Begini ya setiap kali itu kita evaluasi perbaiki dari tahun ke tahun. Sarana dan prasaranannya harus tambah. Kayak di sini di Pelabuhan penyeberangan Merak dan Bakauheuni mudah-mudahan tahun depan sekarang dermaganya ada lima ya, kemudian tahun depan tujuh yang di Merak,” pungkas Jonan. (kpc/RBOnline)