Puncak Peringatan Hari Ibu 2019, Pemberdayaan Perempuan Melalui Wirausaha

0
424 views

SERANG – Keterlibatan perempuan dalam kegiatan wirausaha berkaitan erat dengan kemampuan untuk meningkatkan kondisi ekonomi keluarga. Oleh karena itu, Pemprov Banten terus mendorong pemberdayaan perempuan Banten melalui sektor perekonomian.

Hal itu terungkap dalam puncak peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 tingkat Provinsi Banten yang digelar Pemprov Banten melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten di Plaza Aspirasi, KP3B, Selasa (17/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Banten Al Muktabar, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Niniek Nuraini Halim, pejabat di lingkungan Pemprov Banten, pimpinan DPRD Banten, hingga organisasi perempuan di Provinsi Banten dan kabupaten/kota.

Menurut Kepala DP3AKKB Banten Siti Ma’ani Nina, peringatan Hari Ibu 2019 tingkat Provinsi Banten fokus pada upaya pemberdayaan perempuan. Oleh karenanya, puncak peringatan Hari Ibu ke- 91 mengangkat tema perempuan berdaya, Banten maju. “Pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan tidak hanya untuk membangun harmonisasi dalam keluarga, tapi juga menjadi solusi untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan di Banten,” kata Nina dalam sambutannya.

Ia menuturkan, melalui kewirausahaan maka perempuan Banten bisa mempelajari berbagai macam keterampilan untuk memperoleh penghasilan dan memperluas jaringan, karena telah terhubung dengan kesempatan dan inovasi. “Setelah perempuan berdaya, maka partisipasi aktif kaum perempuan dalam pembangunan daerah bisa terwujud. Kaum perempuan masa kini bukan hanya menjadi pengguna hasil pembangunan,” tuturnya.

Nina yang merupakan Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu 2019 tingkat Provinsi Banten ini melanjutkan, rangkaian peringatan Hari Ibu 2019 telah dilaksanakan sejak awal Desember lalu, di antaranya melalui kegiatan jalan sehat, gerakan perempuan peduli lingkungan, gelar produk UMKM dan gelar dagang produk industri rumahan perempuan hingga pemberian penghargaan kepada perempuan Banten yang telah memberikan inspirasi dalam bidang ekonomi, seni budaya dan industri kreatif.

“Pada hari ini (kemarin-red), kita menggelar puncak peringatan Hari Ibu 2019 tingkat Provinsi Banten untuk kembali meneguhkan komitmen pemerintah dalam mendorong kewirausahaan perempuan menjadi gerakan bersama. Pada 22 Desember 2019 juga akan digelar peringatan Hari Ibu ke-91 tingkat nasional di Kota Semarang, Jawa Tengah,” tegas Nina.

Sementara itu, Sekda Banten Al Muktabar mengapresiasi peringatan Hari Ibu 2019 tingkat Provinsi Banten yang mendorong pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan. Ia berharap, Hari Ibu dijadikan momentum untuk meningkatkan derap perjuangan kaum perempuan di Provinsi Banten dalam segala bidang. “Pemprov Banten terus mengambil langkah untuk melaksanakan pembangunan, semua yang dilakukan Pemprov adalah bagian bersama untuk menciptakan kondisi yang disebut dengan ketahanan keluarga,” katanya.

Pemberdayaan perempuan dalam sektor ekonomi, tidak hanya meningkatkan peran perempuan di lingkungan keluarga, tapi juga dalam pembangunan daerah. “Semoga semangat ini tidak hanya dilakukan di provinsi, tapi hingga ke kabupaten/kota,” tutur Al Muktabar.

Dalam Peringatan Hari Ibu ke-91 Tingkat Provinsi Banten, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Niniek Nuraini Halim memberikan kado unik untuk para perempuan di Banten. Istri Gubernur Banten tersebut dengan percaya diri memainkan gitar sambil menyanyikan dua buah lagu dengan judul ‘Kemesraan’ ciptaan Iwan Fals dan ‘Tak Ingin Sendiri’ lagu dari Dian Piesesa untuk menghibur kaum perempuan yang memenuhi Plaza Aspirasi. “Saya sudah lama gak main gitar, dan khusus untuk peringatan Hari Ibu, saya main gitar lagi, semoga memuaskan hati ibu-ibu dan kalau salah-salah mohon dimaklumi,” canda Naniek sebelum memetik gitarnya.

Melihat penampilan istri gubernur menyanyi sambil memainkan gitar akustik, ratusan perempuan yang hadir langsung memberikan tepuk tangan meriah. Semua tamu undangan pun ikut bernyanyi bersama dengan Niniek Nuraini Halim. (den/alt/ags)