Puskesmas Singandaru Tutup Empat Hari

0
335 views

SERANG – Puskesmas Singandaru yang berada di Jalan Letnan Jidun, Kota Serang, ditutup selama empat hari sejak kemarin karena ada satu pegawai yang dinyatakan positif Covid-19. Selama penutupan itu Puskesmas Singandaru tidak melayani masyarakat yang berobat.

Kepala Puskesmas Singandaru, Niken membenarkan bahwa puskesmas ditutup sejak Minggu (15/11) sampai tanggal 18 November lantaran pada Sabtu (14/11) lalu seorang pegawai dinyatakan positif Covid-19.

Pelayanan di Puskesmas Singandaru baru akan dibuka kembali pada tanggal 19 November.

“Iya bener. Kan pegawai kita ada yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Niken, Minggu (15/11).

Niken mengatakan, selama penutupan puskesmas dilakukan sterilisasi seluruh ruangan puskesmas dengan menyemprotkan disinfektan guna membunuh virus dan kuman yang ada di seluruh ruangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, baik terhadap pegawai maupun masyarakat luas yang datang ke puskesmas.

“Mau disterilkan semua ruangan, ruangan rawat inap, rawat jalan, persalinan, sama UGD,” ujarnya.

Niken mengatakan, untuk masyarakat yang biasa berobat di Puskesmas Singandaru dipersilakan untuk datang ke puskesmas-puskesmas terdekat dari tempat tinggal mereka yang ada di wilayah Kota Serang selama puskesmas ditutup sementara. Banyak fasilitas kesehatan yang bisa menjadi pilihan karena jumlah puskesmas di Kota Serang ada 16 puskesmas. Sementara khusus yang ada di Kecamatan Serang berjumlah lima puskesmas.

Pihak Puskesmas Singandaru sendiri sudah memasang pengumuman mengenai penutupan tersebut di pagar pintu masuk puskesmas agar masyarakat semua tahu informasi ini. Namun dalam pengumuman itu tidak disebutkan bahwa penyebab puskesmas ditutup sementara karena ada pegawai yang positif corona.

Sementara itu Lurah Kota Baru, Kecamatan Serang, Reza Kusuma mengaku, belum mengetahui adanya penutupan Puskesmas Singandaru tersebut. Setelah ia mengkonfirmasi kepada bidan kelurahan, barulah ia tahu bahwa Puskesmas Singandaru memang tutup Sejak hari Minggu tetapi efektif tidak melayani pasien pada hari Senin hari ini.

Dengan adanya penutupan Puskesmas Singandaru tersebut maka ia mengimbau kepada warga sekitar yang biasa berobat di Puskesmas Singandaru untuk mengalihkan lokasi berobat mereka ke fasilitas kesehatan yang dekat dengan rumah mereka. (bry/air)