PWMI Ajarkan Ustad Ustadzah Bisnis

SERANG – Puluhan ustad ustadzah di Banten mendapatkan pelatihan wirausaha dari Persatuan Wirausahawan Muslim Indonesia (PWMI) selama dua hari sejak kemarin, Sabtu (3/3) hingga hari ini, Minggu (4/3) di salah satu hotel di Kota Serang.

Ketua PWMI Audelta Elviezon menuturkan, pelatihan ini merupakan gerakan nasional dari PWMI untuk menumbuhkan semangat wirausaha pada diri muslim yang ada di Indonesia.

“Kita berharap tumbuh ribuan pengusaha muslim. Kita bina dari tangga pertama hingga jadi pembisnis handal,” ujarnya disela-sela pelatihan.

Selain pelatihan, PWMI pun akan menjembatani peserta pelatihan dengan industri-industri yang menjadi mitra PWMI sehingga bisa lebih mudah menjalankan bisnis.

“Stimulan awal akan kita berikan produk, nanti mereka memasarkan produk itu, dan membuat outlet,” paparnya.

Menurutnya, PWMI menilai, potensi wirasausaha pada diri seorang muslim sangat besar, hanya saja perlu distimulan agar percaya diri. “Tidak butuh bakat, yang penting ada kemauan,” tuturnya.

Gerakan nasional ini akan dijalankan selama dua tahap. Tahap pertama, sebanyak 16 provinsi di Indonesia, Banten merupakan daerah pertama. Dari 16 provinsi itu, sudah ada 1000 orang yang akan dilatih.

“Besok Banjarmasin, Surabaya, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Jawa seluruhnya,” katanya.

Untuk tahap kedua, akan dilakukan di 18 provinsi.

Dilanjutkan Elviezon, PWMI menargetkan di setiap kecamatan ada satu orang wirausahawan muslim. Hal itu ditargetkan terwujud pada tahun 2020. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)