Radar Banten Group Berikan Penghargaan ke Walikota dan Bupati Serang

0
1754
Walikota Serang Syafrudin (empat kanan) menerima penghargaan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang diserahkan Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi (tiga kiri) di ruang kerja Walikota.

Peringatan Hari Pers Nasional 2021

SERANG – Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2021 Radar Banten Group memberikan penghargaan kepada Walikota Serang Syafrudin di ruang kerjanya, Selasa (9/2). Selain Walikota, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah pun menerima penghargaan serupa.

Penghargaan diberikan atas peran dan konsistensinya dalam memajukan industri media di tengah Pandemi Covid-19.

Penghargaan diberikan langsung Direktur Radar Banten Grup Mashudi bersama dengan Direktur Banten Raya Taufik, General Manajer Banten TV Rahmat Hidayat dan Pemred Radar Banten Delfion Saputra. Kemudian, Walikota Serang Syafrudin menerima penghargaan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) W Hari Pamungkas.

Sementara penghargaan kepada Bupati Serang diterima langsung Ratu Tatu Chasanah didampingi wakilnya Pandji Tirtayasa, Sekda Tubagus Entus Mahmud Sahiri,  dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum, di Pendopo Bupati Serang.

Direktur Radar Banten dan Banten TV, Mashudi mengatakan, dalam kurun satu tahun terakhir pandemi Covid-19 melanda. Pemkot Serang berperan aktif dalam memajukan industri media. “Radar Banten Group mengucapkan terima kasih atas sinergi, support (dukungan-red) dari Pemkot Serang terhadap pelaku industri media,” ujarnya di sela-sela acara.

Mashudi mengapresiasi sikap terbuka Pemkot Serang selama ini. Menurutnya, Pemkot Serang membuka diri kepada media sehingga tak kesulitan mendapatkan informasi untuk disampaikan kepada masyarakat. “Selama ini Pemkot Serang selalu memberikan kemudahan kepada kami untuk bisa terus mengakses informasi di Pemkot Serang,” katanya.

“Ke depan tentu kami berharap kerja sama dengan Pemkot Serang terus terjalin dan mudah-mudahan lebih meningkat,” tambah Mashudi.

Sementara itu, Walikota Serang, Syafrudin mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Radar Banten Group. Menurutnya peran media atau insan pers penting dalam pembangunan Kota Serang. Di mana, media mampu mempermudah akses masyarakat dalam kebutuhan informasi dari Pemkot Serang. “Atas nama Pemkot Serang saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Selama dua tahun saya memimpin Kota Serang berupaya untuk sinergi dengan media. Kemudian pembangunan juga tidak akan diketahui oleh masyarakat tanpa adanya rekan-rekan semua,” katanya.

Syafrudin mengaku akan terus menjaga dan meningkatkan sinergi bersama media agar program yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Serang dapat terinformasikan dengan baik kepada masyarakat. “Publikasi media sangatlah bermanfaat baik untuk pemerintah maupun masyarakat dalam melihat progress pembangunan,” katanya.

Syafrudin berharap Radar Banten Group dan media lainnya selain memberikan kritikan juga dapat memberikan solusi dalam pembangunan Kota Serang. “Tentu dalam pembangunan tidak hanya dapat dilakukan oleh Pemkot Serang semata, melainkan membutuhkan kritikan dan masukan dari masyarakat terkhusus insan pers yang merupakan mitra kita, sehingga Kota Serang lebih baik,” terangnya.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah (dua kanan) menerima penghargaan serupa.

TATU SEBUT MEDIA ITU ASET

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai media masa sebagai aset. Karena itu, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang itu berkomitmen untuk terus melakukan sinergi dengan media masa.

Tatu mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan sinergi dengan media massa. Yakni, untuk memberikan informasi pembangunan kepada masyarakat dan informasi sosial yang diterima oleh pemerintah daerah. “Bagi kami, media itu adalah aset, kalau tidak dijaga, lalu siapa yang akan menjalankan fungsinya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Tatu, sudah banyak sekali support yang diberikan oleh media massa kepada pemerintah daerah. “Selain memberitakan kinerja kami kepada masyarakat, kami juga sering mendapatkan informasi terkini yang menjadi masukan bagi kami untuk ditindaklanjuti secepatnya,” ujarnya.

Dikatakan Tatu, kehadiran media massa juga sebagai sarana untuk mencerdaskan masyarakat. Salah satunya, mendidik masyarakat untuk berfikir rasional melalui pemberitaan-pemberitaan yang diterbitkan. “Kami juga mengharapkan kritik yang membangun, karena posisi yang strategis ya teman-teman pers,” terangnya.

Karena itu, Tatu juga meminta kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Serang untuk bersinergi dengan media masa untuk memperoleh dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. “Kita lanjutkan kerjasama dan sinergi kita untuk masyarakat Kabupaten Serang lebih baik,” ucapnya.

Senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum. Menurut Ulum, kehadiran media masa merupakan mitra untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ulum juga mengaku tidak anti kritik terhadap media. “Silahkan kritik kami, asalkan sifatnya yang membangun,” katanya.

Melalui HPN, Politikus Partai Golkar itu berharap media massa di Banten khususnya di Kabupaten Serang dapat terus menjaga profesionalitasnya. “Semoga media masa dapat menjadi jendela informasi bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya. (fdr-jek/air)