Radar Banten Terus Tingkatkan Kualitas Produksi

MESIN BARU:Sebanyak delapan unit mesin cetak baru merek Goss Universal produk Amerika Serikat yang dirakit di New Zealand tiba di Graha Pena Radar Banten, Jumat (4/8).

SERANG – Radar Banten Group berupaya untuk terus meningkatkan kualitas sebagai upaya pelayanan demi kepuasan pembaca. Selain meningkatkan kualitas dari segi pemberitaan, peningkatan pelayanan lainnya adalah memberikan produk dengan hasil cetak yang sangat bagus.

Untuk mencapai tujuan itu, Radar Banten membeli mesin cetak baru produk Amerika Serikat yang dirakit di New Zealand. Pada Jumat (4/8), tujuh unit mesin itu tiba di Graha Pena Radar Banten di Jalan Kolonel Tb Suwandi, Lingkar Selatan, Kelurahan Lontar Baru, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Manajer PT Wahana Java Semesta Intermedia Yosef Mediansyah mengatakan, mesin dengan merek Goss Universal ini mempunyai kekuatan tiga kali lipat dibandingkan mesin lama yang dimiliki Radar Banten sejak 18 tahun lalu. “Mesin baru ini tentu akan meningkatkan kualitas dan omzet,” ujar Yosef di Graha Pena Radar Banten, Jumat (4/8).

Kata dia, mesin sebelumnya hanya mampu mencetak 20 ribu eksemplar per jam. Namun, mesin baru seharga Rp10,5 miliar ini mampu mencetak 40 ribu eksemplar per jam. Bahkan, kerusakan kertas juga dapat diminimalisasi dengan adanya mesin baru ini.

Selain mampu mencetak lebih banyak, waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat. Dengan begitu, anggaran untuk pembelian kertas dan pembayaran listrik pun lebih hemat. Tak hanya itu, mesin baru ini juga mampu menghasilkan komposisi warna lebih banyak. “Dulu, halaman berwarna yang mampu dihasilkan hanya enam halaman, sekarang menjadi 16 sampai 20 halaman,” urainya.

Namun, untuk merakit mesin yang pertama kali ada di Banten ini membutuhkan waktu 20 sampai 30 hari. Ditargetkan mesin baru ini dapat beroperasi awal September nanti.

Meskipun menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk membeli mesin itu, Yosef mengatakan, PT Wahana Java Semesta Intermedia belum akan menaikkan harga produksi. “Harga itu tidak tergantung mesin, tapi bahan baku,” ujarnya. Saat ini, pihaknya mempunyai lima konsumen koran harian dan 34 koran mingguan.

General Manager Radar Banten Mashudi menambahkan, tujuan pembelian mesin percetakan baru ini dilakukan untuk memuaskan pelanggan dengan kualitas produk yang lebih bagus. Selama ini, halaman berwarna Radar Banten masih terbatas, tapi dengan mesin baru ini halaman berwarna dapat mencapai 20 halaman.

“Tentu dengan adanya mesin ini, pelanggan akan diuntungkan karena kualitasnya sangat baik dari segi percetakan,” ujarnya.

Halaman berwarna reguler Radar Banten yang biasanya hanya empat halaman, bulan depan menjadi 16 halaman. (Rostinah/RBG)