Ramadan dan Idul Fitri, Trafik Layanan Broadband Telkomsel Bakal Melonjak

0
4628
Direktur Sales Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam sambutannya menyampaikan konsistensi Telkomsel dalam memaksimalkan layanan berbasis aplikasi untuk meningkatkan gaya hidup digital masyarakat termasuk pada momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

JAKARTA – Telkomsel memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima sepanjang Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1442 H dengan melakukan pengamanan dan pemantuan operasional jaringan, khususnya layanan broadband yang difokuskan di wilayah dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, serta optimalisasi titik layanan pelanggan di berbagai saluran digital.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021. Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54 persen. Sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen.

“Proyeksi tersebut terutama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat dalam mengadopsi pemanfaatan layanan digital untuk mendapatkan kemudahan dan pengalaman lebih dalam menjalani aktivitas keseharian, khususnya di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Nugroho saat press conference secara virtual, Senin  (12/4).

Memahami hal tersebut, Telkomsel secara proaktif telah menjalankan berbagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan dengan mengoperasikan tambahan 63 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan menambah kapasitas internet capacity menjadi 8,07 Tbps. Selain itu, hingga April 2021, Telkomsel juga telah menggelar tambahan 263 unit BTS 4G/LTE baru, sehingga secara keseluruhan Telkomsel kini telah mengoperasikan lebih dari 236.000 unit BTS yang sebagian besarnya telah didukung teknologi broadband 3G dan 4G/LTE. Selain itu, lebih dari 50 kota/kabupaten di Indonesia juga telah terlayani layanan VoLTE.

Pada kesempatan itu, Direktur Sales Telkomsel Hendry Mulya Syam mengungkapkan, Telkomsel secara konsisten telah melakukan transformasi yang mengedepankan pemanfaatan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Dengan memaksimalkan layanan berbasis aplikasi termasuk mendorong kehadiran akses layanan pelanggan di saluran digital, diharapkan pengalaman gaya hidup digital masyarakat Indonesia akan semakin setara dan merata, termasuk dalam menjalani aktivitas keseharian di momen RAFI tahun ini,” katanya.

Bagi pelanggan yang ingin melakukan aktivasi produk dan layanan, lanjutnya, Telkomsel menjamin ketersediaan produk selama RAFI 2021 melalui penguatan sinergi dengan mitra Telkomsel Authorized Partner, reseller/merchant, serta mitra modern channel (perbankan dan e-commerce). Hal tersebut salah satunya juga diwujudkan melalui program Tukar Kartu ke 4G yang memberikan kemudahan lebih bagi pelanggan dalam mengganti kartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik itu secara online melalui layanan mitra e-commerce maupun offline di GraPARI dan mitra outlet terdekat. Selain itu, pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai produk Telkomsel di aplikasi Gojek berkat kehadiran lebih dari 24.000 mitra reseller/outlet Telkomsel di wilayah layanan operasional GoShop.

Hendry Mulya Syam memastikan, optimalisasi pelayanan pelanggan pun tidak hanya dijalankan di saluran digital. Seluruh GraPARI di Indonesia tetap beroperasi normal selama RAFI 2021 dengan penyesuaian jam operasional serta menjalankan protokol kesehatan. (aas)