GIANYAR- Jelang ramadan dan lebaran, PT XL Axiata Tk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama ramadan dan lebaran.
Serangkaian uji jaringan dilakukan di berbagai daerah, terutama di area-area yang selama ini mengalami kenaikan trafik saat ramadan dan libur panjang lebaran. Uji jaringan ini sebagai antisipasi dini guna memastikan kemampuan jaringan XL Axiata dalam menghadapi kenaikan trafik semua jenis layanan.
Direktur Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, Berdasarkan uji jaringan yang sudah dilakukan di sejumlah wilayah, XL Axiata akan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa. “Lewat penambahan kapasitas tersebut kami optimis akan mampu mengatasi jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan. Sejumlah  teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core akan memudahkan kami untuk mengalihkan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas,” kata Yessie.
Yessie menambahkan, kegiatan uji jaringan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap saat. Khususnya menjelang ramadan dan lebaran. “Setiap operator memang harus melakukannya lagi karena intensitas pemakaian semua jenis layanan biasanya meningkat secara signifikan. Apalagi, ada  momentum masyarakat melakukan perjalanan pulang kampung secara serentak,” tambahnya.
Sementara itu, untuk  memastikan lagi kualitas jaringan yang ada, di sejumlah lokasi yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik, XL Axiata telah menyiapkan sejumlah rencana penguatan jaringan, di antaranya  dengan meningkatkan kapasitas, menambah perangkat serta memanfaatkan teknologi pengalihan kapasitas secara simultan. Selain itu, juga akan dilakukan pemantauan secara ketat untuk memastikan jaringan bekerja dengan maksimal.
Uji jaringan yang telah dilakukan  XL Axiata secara mandiri antara lain dilakukan pada jalur kereta utara dan selatan Jakarta – Surabaya, jalan tol pantai utara Jawa, jalan lintas selatan Jawa, lintas utara dan selatan Maduara, lintas barat, tengah dan selatan Sumatera, Lintas Balikpapan – Samarinda, Lintas Banjarmasin – Palangkaraya, Banjarmasin – Barabai, Lintas Pontianak – Singkawang, dan Gilimanuk – Denpasar – Padang Bai.  Saat ini tim jaringan XL Axiata juga masih terus melakukan persiapan yang diperlukan di berbagai wilayah.
Kualitas jaringan XL Axiata di Bali
Sebagai operator dengan penguasaan pasar terbesar di Bali, XL Axiata terus menjaga performa jaringan yang ada di setiap daerah di Pulau Dewata. Kualitas jaringan menjadi hal yang penting mengingat keberadaan Bali sebagai daerah tujuan wisata utama dunia, dengan jutaan wisatawan datang sepanjang tahun. Hingga kuartal pertama 2017, pelanggan XL Axiata di Bali mencapai lebih dari 2 juta pelanggan. Sekitar 41% di antaranya telah aktif menggunakan layanan Data digital. Sebanyak 30% menggunakan 4G LTE.
Layanan XL Axiata di Bali didukung lebih dari 3.000 BTS, sebanyak 550 unit di antaranya merupakan BTS 4G. Layanan 4G sudah menjangkau seluruh atau 9 kabupaten/kota yang ada di Bali. Layanan 4G LTE tersebut juga sudah menjangkau hampir semua destinasi wisata popular yang ada, baik di pantai, perkotaan, pedesaan, hingga di daerah pegunungan. Sementara itu, layanan 3G sudah menjangkau semua wilayah di pulau itu, sehingga masyarakat setempat dan wisatawan bisa mendapatkan layanan Data digital yang berkualitas.
Bali juga menjadi daerah tujuan wisata utama bagi masyarakat Indonesia untuk mengisi libur panjang Lebaran. Jalur darat yang menghubungkan kota-kota di Jawa dengan Bali dipastikan akan mengalami kepadatan. Untuk itu, tim XL Axiata juga sudah mengantisipasinya dengan memastikan kualitas jaringan yang tersedia di sepanjang jalur tersebut. Penguatan jaringan juga akan dilakukan di titik-titik kepadatan wisatawan di berbagai lokasi wisata populer, area publik seperti pusat perbelanjaan, Bandara Udara Internasional Ngurah Rai, dan juga penyeberangan ferry Gilimanuk.
Selain melakukan uji jaringan, tim XL Axiata juga akan terus melakukan pemantauan atas kondisi jaringan di semua wilayah layanan selama 24 jam. Di lapangan, tim network juga akan bersiaga untuk melakukan tindakan darurat yang diperlukan.
Untuk memastikan secara langsung seperti apa kondisi jaringan di beberapa area di Bali, XL Axiata mengajak rombongan media berkeliling dengan kendaraan yang dilengkapi perangkat untuk menguji kualitas jaringan. Rute yang diambil pada kegiatan ini adalah Bandara Ngurah Rai – Bypass Sanur – Batubulan – Singapadu – Ubud – Seminyak – Kuta sejauh kira-kira 50 km. Jalur tersebut merupakan jalur utama yang melalui berbagai destinasi wisata, pemukiman, pusat budaya, serta pusat-pusat aktivitas warga. (adm/Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com))