Ramadan, Perbankan Sesuaikan Jam Operasional

Ilustrasi

SERANG – Selama Ramadan sejumlah perbankan melakukan penyesuaian jam layanan operasional, seperti Bank bjb, BPR Serang, dan BNI.

Wakil Pemimpin Bank bjb Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten Budiatmo Sudradjat mengungkapkan, selama Ramadan ini sesuai dengan kebijakan internal perusahaan, Bank bjb melakukan penyesuaian jam layanan operasional dengan mengurangi satu jam dari biasanya. Untuk Ramadan jam operasional mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

“Ini untuk menghormati bulan puasa dan memberikan kesempatan kepada karyawan agar bisa melaksanakan ibadah dan berbuka puasa bersama,” katanya, kemarin.

Meskipun ada penyesuaian, lanjut dia, Bank bjb akan tetap memberikan layanan maksimal dan fleksibel jika nasabah masih banyak yang melakukan transaksi. Umumnya pada pertengahan Ramadan akan ramai masyarakat yang melakukan transaksi terutama penarikan. “Kalaupun batas jam operasional selesai, tetapi nasabah masih ada akan tetap dilayani seperti biasa,” katanya.

Ia menambahkan, jam operasional ini di kantor cabang dan kantor cabang pembantu sama, tetapi untuk jam operasional di kantor kas lebih awal tutup, pukul 14.30 WIB. “Nanti karyawan kantor kas akan kembali ke cabang,” tambahnya.

Ia menuturkan, kebiasaan nasabah menabung jauh sebelum Lebaran. Saat Ramadan, umumnya nasabah melakukan transkasi penarikan uang untuk berbagai keperluan Ramadan dan Lebaran. Setelah anak masuk sekolah baru kembali menabung dan begitu seterusnya. Ketersedian uang di teller maupun di ATM akan mencukupi kebutuhan nasabah. “Kalau Ramadan ramai yang ngambil uang,” katanya.

Kepala BNI Cabang Serang Rahmanto mengatakan, BNI melakukan perubahan jam operasional terkait Ramadan untuk menghormati nasabah maupun pegawai yang berpuasa. Hari biasa jam kantor mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Layanan kas mulai pukul 08.00 -16.00 WIB. Saat Ramadan ini, kantor buka 07.30 – 16.00 WIB dan layanan kantor kas 07.30 – 15.00 WIB. “Nasabah tetap terlayani dengan maksimal walaupun jam kerja berkurang memasuki bulan Ramadan ini,” katanya.

Mendekati Lebaran, BNI akan tetap memberikan layanan operasional terbatas. Meskipun begitu, nasabah bisa memanfaatkan jaringan ATM yang tersebar.

Direktur Utama BPR Serang Acep Heri Suhana mengatakan, BPR Serang juga melakukan penyesuaian jam operasional untuk nasabah selama Ramadan ini untuk memberikan kesempatan kepada karyawan untuk peningkatkan kualitas ibadah dan menghormati nasabah yang melaksanakan ibadah puasa. “Untuk hari Senin -Kamis dari pukul 08.00 – 15.00 WIB, kalau Jumat dari pukul 08.00 – 15.30 WIB,” katanya.

Menurutnya, meskipun jam operasional ada perubahan, tetapi BPR Serang memaksimalkan kinerja karyawan, terutama untuk dana tabungan dengan melakukan layanan jemput bola.
“Kolektif tabungan di mbil ke lokasi penabung masing-masing, baik di pasar-pasar maupun ke sekolah,” tuturnya.

Sementara Bank Banten dan Bank Panin KCU Serang tidak melakukan penyesuaian jam layanan operasional. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengungkapkan, Bank Banten terus berupaya memberikan pelayanan perbankan terbaik yang berorientasi kepada kepuasan nasabah. Melalui kegiatan operasional di semua Kantor Cabang Bank Banten selama bulan Ramadan 2019 tetap beroperasi seperti biasa yaitu pukul 08.00-15.00 WIB.

Hal serupa juga diungkapkan Branch Manager Bank Panin Kantor Cabang Utama (KCU) Serang Muhammad Rony Rochim. Pada Ramadan ini, layanan operasional Bank Panin KCU Serang tetap seperti biasa yakni mulai buka pukul 08.00 – 16.00 WIB. “Jadi layanannya tetap normal dan tidak ada perubahan,” katanya. (skn/aas)