Ramadan Tiba, Ekonomi UKM Bangkit

0
2209

SERANG – Bazaar dan Festival Ramadan 1442 H dengan tema ”Ramadan Tiba, Ekonomi UKM Bangkit” resmi dibuka Kepala Dinas Pariwisata Banten Agus Setiawan didampingi Muhammad Hasan Gaido selaku Founder Gaido Foundation,  Rabu (21/4).

Turut mendampingi Sukandar (Kabid Perindustrian Disperindag Banten), KH Anang Azharie Alie (Ketua Presidium FSPP Banten) dan  KH Sulaiman Effendi, ketua Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

Agus Setiawan berharap kegiatan ini melahirkan optimisme bagi UKM dan masyarakat untuk terus beraktivitas ekonomi.

“Tanpa perlu was-was, tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.  Momentum kegiatan ini, menjalin silaturahim antar sesama, saling mengenal, dan kolaborasi. Saya bangga dalam  kesempatan bazaar ini untuk transaksi keuangannya sudah diupayakan secara digital melalui teknologi QRIS,”ujar Agus Setiawan. 

Muhammad Hasan Gaido  menyampaikan bahwa Gaido Foundation sudah sering melakukan kegiatan serupa ini hanya saja kali ini dalam kemasan kegiatan yang berbeda. Apabila sebelumnya biasa diselenggarakan di hotel, tapi kali ini di momentum Ramadan 1442 H, pertama kalinya diadakan di Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound dengan beragam rangkaian kegiatan hampir sebulan penuh. 

“Kami tekankan ini adalah kegiatan yang Gaido Foundation inisiasi, bukan untuk mengambil alih peran pemerintah melainkan tentang menjalankan penguatan fungsi strategi yang selalu kami gaungkan yaitu kolaborasi ABG Cantik (Academcy, Business, Government, dan Community),” ujar Hasan Gaido.

Selain itu, Gaido Foundation juga ingin proses digitalisasi transaksi keuangan pada UKM-UKM semakin menguat di Banten, karena selama bazaar berlangsung transaksi menerapkan cashless melalui QRIS, e-wallet dan mobile banking yang dipakai pelanggan. (Lutfi)