Ramp Door Rusak Penyebab Mobil Pick Up Jatuh ke Laut

0
169 views

CILEGON – Mobil pick up bermuatan pisang jatuh dari KMP Mufida ke laut di Dermaga VII Pelabuhan Merak, Kamis (22/8), gara-gara ramp door rusak. Ramp door ini sebagai jembatan penghubung antara dermaga dan kapal.

Kepala Cabang PT Jemla Ferry Merak Koko Setiabudi menjelaskan, dari keterangan yang dihimpun dari sopir dan saksi, KMP Mufida sandar di Dermaga VII Pelabuhan Merak usai melakukan pelayaran dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Arus laut yang kencang  membuat kapal tidak stabil bersandar. Pada saat itulah, mobil pick up yang dikendarai oleh Apry hendak keluar kapal melewati rump door. 

Guncangan yang diakibatkan oleh arus itu membuat lidah ramp door kapal rusak. Di saat bersamaan Apry gagal memasukkan kembali kendaraannya ke dalam kapal sehingga kendaraan terjatuh. “Kena arus lalu berkali-kali benturam dengan jembatan di dermaga, akhirnya ramp door patah dan mobil ikut jatuh,” tutur Koko.


Ia melanjutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu karena sebelum mobil benar-benar terjatuh, Apry dan satu orang kernet berhasil melompat ke dermaga. Keduanya tidak ikut jatuh ke laut bersama kendaraan. 


Akibat peristiwa itu, kapal KMP Mufida berhenti beroperasi untuk sementara hingga kerusakan kapal bisa diperbaiki. Untuk kendaraan yang jatuh ke laut akan dikover asuransi. (Bayu Mulyana)