Ranca Dadap Targetkan Kampung Percontohan

CIKEUSAL – Pemerintah Desa Dahu, Kecamatan Cikeusal, telah menunjuk RT 13 RW 05 Kampung Ranca Dadap, untuk mewakili Desa Dahu pada Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Kampung ini ditargetkan menjadi kampung percontohan kampung bersih dan aman.

“Kamis (15/8) siang, kami bersama sejumlah perangkat Desa Dahu, tokoh pemuda, pengurus setingkat RW dan RT, dan Karang Taruna mendatangi RT 13 RW 05, Kampung Ranca Dadap. Karena kampung ini kami daulat sebagai perwakilan desa pada Lomba Kampung Bersih dan Aman,” ujar Muhamad Andri Kurniawan, Ketua Karang Taruna Desa Dahu.

Menurut Andri, dipilihnya  RT 13 RW 05, Kampung Ranca Dadap, sebagai peserta Kampung Bersih dan Aman, karena budaya gotong royong di RT 13 RW 05 terpelihara dengan baik. Warga lingkungan ini juga selalu kompak bekerja sama.

“Warga RT 13 Ranca Dadap ini sangat rutin bergotong royong membersihkan kampung mereka dari tumpukan sampah,” ungkap Andri.

Andri mengaku, ada beberapa strategi yang akan dijadikan modal Kampung Ranca Dadap untuk memenangkan Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Di antaranya, menghijuakan jalan-jalan kampung dan menghias halaman rumah warga.

“Selain itu, membuat tempat penampungan sampah sementara. Termasuk rutin bergotong royong membersihkan lingkungan mereka dalam satu minggu sebanyak tiga kali,” jelas Andri.

Kampung Ranca Dadap tidak hanya ingin menjadi pemenang Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Ada agenda yang lebih besar yang ditargetkan Pemerintah Desa Dahu. Yakni, Kampung Ranca Dadap menjadi kampung percontohan, mengenai kebersihan dan keamanan, tak hanya untuk wilayah Kecamatan Cikeusal. Akan tetapi, menjadi kampung percontohan untuk kampung-kampung se-Kabupaten Serang. 

“Target kami bukan hanya Kampung Ranca Dadap tampil sebagai pemenang dalam lomba (Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019-red). Akan tetapi, Kampung Ranca Dadap juga bisa menjadi kampung percontohan sebagai kampung yang bersih dan aman se-Kabupaten Serang,” tegas Andri.

Andri menambahkan, untuk menciptakan Kampung Ranca Dadap sebagai kampung yang aman, kegiatan siskamling digencarkan. Karang Taruna menggerakkan anggotanya dengan melibatkan masyarakat Kampung Ranca Dadap.

“Tentunya dengan Linmas sebagai pelindung masyarakat sebagai leader-nya. Kegiatan siskamling ini akan rutin diadakan dengan bermarkas di pos ronda dan melibatkan dari babinsa dan bhabinkamtibmas,” jelas Andri.

Ketua RW 05, Kampung Ranca Dadap, Ali Sutisna menambahkan, untuk menyambut Kampung Bersih dan Aman ini, pihaknya bersama warga telah melakukan gotong royong agar lingkungan kampung lebih bersih. Pihaknya juga akan menyediakan tong-tong sampah sebagai tempat penampungan sementara (TPS). Serta, melakukan penghijauan dan merapihkan pagar-pagar rumah warga.

“Masyarakat Ranca Dadap akan bekerja keras untuk memberikan contoh yang baik di Desa Dahu, agar RT lainnya bisa tergerak atas keberhasilan RT 13 RW 05, Ranca Dadap,” harap Ali. (jay/ang/don)