Rano Alfath Didaulat sebagai Pengasuh Gograber Tangerang

Muhammad Rano Alfath yang baru saja didaulat sebagai pengasuh berfoto bersama dengan Komunitas Gograber Tangerang Raya pada acara anniversary ke-1 di lapangan futsal, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Minggu (29/7).

Komunitas Gograber Tangerang Raya merayakan anniversary (hari jadi) ke-1. Perayaan tersebut juga menobatkan tokoh muda Banten Muhammad Rano Alfath sebagai pengasuh Gograber Tangerang Raya.

TANGERANG – Ratusan orang berseragam jaket serba hijau berkumpul dalam satu titik di lapangan futsal, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Minggu (29/7). Dengan senyum semringah, mereka membaur penuh keakraban sebagai sesama profesi penerima jasa transportasi umum berbasis aplikasi daring.

Tepuk tangan menyambut kehadiran Muhammad Rano Alfath yang didaulat sebagai orangtua asuh/pembina mereka. Penuh semangat mereka berseru dalam suka cita.

Anniversary ini kita lakukan sebagai bentuk silaturahmi dan rasa syukur kita. Makanya, kami juga gelar santunan untuk anak yatim piatu,” kata Koordinator Wilayah Komunitas Gograber Kota Tangerang Andri Herdiansyah.

“Selain santunan, kami juga mengangkat Bang Rano (panggilan Muhammad Rano Alfath-red) sebagai orangtua asuh kami,” sambung pria yang akrab disapa Bang Jack itu.

Meski masih relatif muda, Rano diangkat karena punya kepedulian terhadap Komunitas Gograber. “Kami perlu orangtua asuh agar bisa membimbing kami. Dan, dari nama-nama yang kami seleksi muncul nama Bang Rano karena dia cukup responsif,” katanya.

Latar belakang Rano sebagai orang hukum juga menjadi pertimbangan. Sebab, anggota Gograber butuh advokasi. Baik yang terkait masalah yang langsung berurusan dengan pekerjaan, atau di luar pekerjaan. “Pernah anggota kami sudah punya BPJS, tapi saat hendak berobat dipersulit. Makanya, kita butuh pendamping dan Bang Rano pernah lakukan itu,” ucap Jack.

Perayaan itu juga ditandai dengan seruan atau kampanye dari anggota Gograber untuk memberikan dukungan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Menurutnya, event tersebut menjadi hajat bersama masyarakat Indonesia.

“Kita sebagai bagian dari masyarakat juga ingin Asian Games ini sukses. Makanya, kita serukan agar semua masyarakat ikut menyukseskannya,” kata Jack.

Senada dikatakan Pembina Gograber Kota Tangerang Joko Purwanto. Pengangkatan Rano sebagai orangtua asuh komunitasnya merupakan bentuk penghormatan terhadap tokoh muda yang punya kepedulian terhadap masyarakat kelas menengah. “Beliau responsif. Teman-teman ojol (ojek online) sejalan dengan pemikirannya sehingga ke depan kita tidak hanya sekadar online, tapi lebih terarah dan punya manfaat untuk masyarakat luas,” katanya.

Selain itu, keberadaan Rano diharapkan bisa menjadi penyambung anggota komunitas dengan pemangku kebijakan. Terlebih, Rano juga berprofesi sebagai anggota DPRD Banten. “Intinya, kita satu visi. Harapannya, ke depan kita bisa lebih baik,” katanya.

Rano Alfath mengapresiasi Komunitas Gograber yang mendaulatnya sebagai pengasuh. Kepercayaan itu akan diperjuangkan dengan kapasitas yang dimilikinya. “Pertama, kita akan coba bangun persatuan kawan-kawan ojol. Kemudian kita akan coba bangun kerja sama antara ojol dengan pemerintah untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta ikut berpartisipasi menyukseskan program pemerintah. Salah satunya event Asian Games,” katanya.

Rano juga akan mendorong agar pemerintah memperhatikan ojol. Salah satunya memberikan fasilitas seperti halte pemberhentian. Termasuk keluhan pelayanan BPJS yang masih dipersulit saat akan melakukan pengobatan. “Harapannya, ada kerja sama untuk mempermudah, apalagi jika ada musibah seperti kecelakaan lalu lintas. Karena, jumlah mereka di Tangerang cukup besar sampai 20 ribuan anggota,” kata Ketua KNPI Banten itu. (Supriyono/RBG)