Rano: Bantuan Keuangan DKI Jakarta Harus Melalui BKSP!

Bantuan Keuangan
Kepala BKSP Jabodetabekjur, Rano Karno saat menyerahkan usulan bantuan keuangan ke Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jumat (26/2/2016). (Foto: Bayu)

JAKARTA – Gubernur Banten yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi Cianjur (Jabodetabekjur), Rano Karno meminta kepada Pemerintah DKI Jakarta agar bantuan keuangan yang diberikan Pemerintah DKI Jakarta kepada daerah-daerah Bodetabekjur ke depan harus melalui BKSP Jabodetabekjur. Hal tersebut, disampaikan Rano saat memberikan sambutan pada acara penyerahan usulan bantuan keuangan Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Jumat (26/2/2016) sore.

“Dulu, bantuan keuangan tersebut disampaikan langsung DKI Jakarta ke daerah-daerah perbatasan. Sekarang tidak lagi, karena harus melalui BKSP,” kata Ketua BKSP Jabodetabekjur, Rano Karno saat memberi sambutan.

Itu dianggap perlu oleh Rano Karno, agar bisa dipertanggungjawabkan bersama, mengingat bantuan keuangan tersebut merupakan upaya mendukung pelaksanaan program pembangunan yang dirancang BKSP serta menyamakan persepsi antara pemerintahan yang sudah disepakati.

“Selama ini bantuan ke daerah dari DKI Jakarta, BKSP tidak pernah tahu. Sekarang ini harus tahu, supaya bisa dipertanggungjawabkan serta sebagai alat kontrol saya sebagai Ketua BKSP dan juga sebagai Gubernur Banten,” kata Rano Karno.

Menurut Rano, bantuan keuangan tersebut nantinya tidak dalam bentuk hibah, melainkan bentuk belanja langsung yang bisa dilaksanakan oleh SKPD terkait di masing-masing daerah di Bodetabekjur.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok sempat menyinggung permintaan Rano Karno tersebut saat sambutan. “Sebenarnya tadi Ketua BKSP marah-marah. Berhubung orang Betawi marah-marahnya beda, saya siap duduk bersama untuk melakukan pengembangan DKI Jakarta dari segi perluasan tanggung jawab bersama pemerintahan di perbatasan DKI yakni Bodetabekjur. Sehingga berbagai persoalan di DKI Jakarta seperti banjir dan kemacetan bisa segera ditangani bersama,” kata Ahok saat memberikan sambutan. (Bayu)