Rano: Bukan Cuma Popularitas, tapi Bisa Kerja

0
451 views

SERANG – Hasil survei yang dirilis Indo Barometer menempatkan calon gubernur petahana Rano Karno unggul dalam distribusi kepuasan pemilih calon pada Pilgub Banten 2017.

Kemarin, ditemui di sela-sela acara bakti sosial DPC PDIP Kabupaten Serang di Desa Cisaat, Kecamatan Padarincang, Rano menyatakan bahwa hasil lembaga survei bisa menjadi referensi atas kepuasan dan pilihan masyarakat. “Saya tidak ingin mengatakan itu angka riil. Tapi kalau itu hasil survei, tentu itu berdasarkan attention yang mencapai sekitar 800 sampai seribuan responden,” katanya.

Seperti diketahui, survei per 7 sampai 10 Desember 2016 yang dilakukan Indo Barometer menempatkan distribusi kepuasan pilihan calon pada pasangan Rano-Embay sebesar nilai 73,8 persen atau lebih unggul dari rival politiknya pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy yang hanya sebesar 7,0 persen. Sementara, responden yang tidak memilih sebesar 19,2 persen.

Distribusi kepuasan terhadap calon pasangan Rano-Embay lantaran dilihat dari hasil kepemimpinan Rano. Di antaranya, kinerja yang sudah berhasil dengan skor 15,9, banyak pembangunan yang berhasil 12,6, dan jalan sudah tidak ada yang rusak dengan skor 12,6. Lalu, sudah banyak kemajuan di Banten dengan skor 12,4.

Bahkan, dilihat dari kategori faktor kepribadian seperti jujur, pintar, berwibawa sebagai pemimpin, perhatian atau dekat dengan masyarakat serta tegas, Rano juga dipersepsikan lebih unggul. Dengan nilai rata-rata 76,1, Rano unggul di semua kategori baik dengan Embay yang menjadi pendampingnya maupun rival politiknya WH-Andika. Sementara, Embay hanya mendapat nilai rata-rata 60,8. Sementara, calon gubernur Wahidin Halim (WH) yang pernah menjabat Walikota Tangerang dua periode mendapat rata-rata 70,5, dan Andika Hazrumy, dengan skor rata-rata sebesar 54,8.

“Tentu itu (hasil survei-red) menjadi referensi. Mungkin saya tidak menyatakan bekerja keras, tapi belakangan masyarakat Banten baru tahu kalau saya banyak mencapai hasil,” katanya.

Pria yang mengawali karir politiknya sebagai Wakil Bupati Tangerang ini menyebut beberapa capaian prestasi yang dibolehkan pada masa kepemimpinannya. Di antaranya, indeks pembangunan manusia (IPM) Banten yang mengalami peningkatan dari 67,2 persen pada 2013 menjadi 70,27 pada 2015, dan peringkat keterbukaan informasi publik Pemprov Banten yang bertengger pada peringkat keempat nasional. “Kemarin dengan transparansi, kita di peringkat keempat. Indeks pembangunan manusia kita bagus di atas Jawa Barat dan DKI, itu kan hasil,” kata Rano.

“Hasil ini tentu bukan hanya hasil kerja keras Rano Karno saja, tapi hasil kerja keras semua SKPD yang sadar. Bahwa kita sebagai pemerintah harus bekerja melayani masyarakat,” sambung calon petahana yang berpasangan dengan Embay Mulya Syarief ini.

Mempertahankan hasil survei terkait distribusi kepuasan masyarakat atas kinerjanya, Rano mengaku akan terus melakukan sosialisasi. “Inilah sosialisasi karena jujur banyak mereka yang baru tahu, karena mungkin orang selama ini survei itu hanya menang. Tapi, masyarakat puas tidak? Saya yakin kalau masyarakat tidak puas, tidak akan memilih. Kalau sekadar popularitas, saya yakin 100 persen orang kenal Rano Karno, tapi bisa kerja tidak? Itu intinya,” kata Rano. (Supriyono/Radar Banten)