Spanduk yang dipasang di Alun-alun Pandeglang.

PANDEGLANG – Di sejumlah daerah di Kabupaten Pandeglang terdapat spanduk berisi ucapan HUT ke-71 Republik Indonesia berfoto Rano Karno dan Achmad Dimyati Natakusumah, seperti di Alun-alun, Sabi (perbatasan Pandeglang-Lebak), Cadasari, dan Cipacung.

Spanduk itu diketahui dipasang oleh relawan yang menamakan diri Sobat Radim (Rano-Dimyati). Mereka memasang spanduk itu sejak minggu lalu.

Ada spanduk semacam itu, Usep Saeful Ahyar, pengamat politik Lembaga Riset Populi Centre, menilai suatu hal yang wajar. Menurutnya, fenomena itu muncul karena ada sebagian kelompok masyarakat yang menghendaki Rano dan Dimyati berpasangan sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub Banten 2017. Sementara PDIP yang mendukung Rano sebagai bakal calon gubernur, hingga saat ini belum mengumumkan bakal calon gubernurnya.

“Berdasarkan pengalaman di setiap Pemilukada, PDIP selalu mengendepankan prinsip kehati-hatian, tak terkeculi menghadapi Pilgub Banten. Ini bisa kita lihat dengan belum ditetapkannya bakal calon pendamping Rano meski sudah banyak nama yang disanding-sandingkan dengan Rano, jauh sebelum tahapan Pilgub Banten berjalan,” kata Usep Saeful Ahyar kepada Banten Raya, Minggu (14/8).

Duet Rano-Dimyati, lanjut dia, fenomena yang menarik. Dimyati merupakan mantan Bupati Pandeglang, yang saat ini menjadi tokoh politik nasional (anggota DPR RI) dari PPP. “Dilihat dari pengalamannya, ia (Dimyati Natakusumah-red) memang sudah tidak meragukan. Yang lebih menarik dia juga dianggap mewakili partai Islam sehingga mungkin dianggap akan menjadi perpaduan yang baik dengan PDIP yang terkenal nasionalis. Kita tahun kan Banten mengkalim diri sebagai daerah yang religius, di mana parpol dengan platform Islam mendapat tempat yang baik di masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini, Dimyati Natakusumah sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur dari jalur perseorangan ke KPU Banten. Dimyati berpasangan denganYemmelia, birokrat Banten.

Dimyati-Yemmelia sudah menyerahkan bukti dukungan. Data sistem informasi pencalonan KPU, Dimyati-Yemelia yang memiliki 691.791 dukungan dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan jumlah dukungan yang terdapat dalam formulir B1KWK sebanyak 605.525, juga dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan jumlah fotokopi KTP sebanyak 603.363. Pasangan Dimyati-Yemmelia dinyatakan melaju ke babak verifikasi administrasi dan faktual. (Muhaemin)